Robot Rosemery UNY Raih Juara Dua KRI Nasional

1
min read
A- A+
read

Rosemery beraksi

Robot Rosemery meraih Juara  dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional tahun 2024 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). KRI merupakan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang memperlombakan tujuh kategori, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia(KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Rosemery terdiri dari dua buah robot kembar humanoid yang cantik dan dapat menari sesuai dengan tema KRSTI tahun ini, yaitu Tari Oleg Tamulilingan yang berasal dari Bali. Tari Oleg Tamulilingan tersebut berhasil dibawakan secara dinamis oleh sepasang robot ini. Ketua Tim Rosemery Romi Efendi mengatakan bahwa persiapan dilakukan mulai dari tim hingga kualitas dan performa robot. Perjalanan Tim Rosemery bisa sampai pada tahap ini, dimulai dari tahap pengiriman proposal calon tim peserta KRI. Tim yang lolos seleksi proposal tahap pertama mengikuti seleksi tahap kedua dengan memperlihatkan penampilan robotnya secara daring: mengirimkan video penampilan atau menampilkan robotnya secara real time melalui video conference.

Dalam KRI yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta 2-5 Juli 2024 tersebut Rosemery lolos ke tingkat nasional setelah berhasil meraih Juara 2 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia tingkat Wilayah, Pada tingkat nasional Tim Rosemery UNY bersaing dengan 19 tim yang berasal dari 19 universitas dari seluruh Indonesia. Perjuangan Tim Rosemery terbayar dengan berhasil meraih Juara Dua. “Usaha tidak akan mengkhinati hasil, Alhamdulillah kami sangat bersyukur atas pencapaian ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dari persiapan hingga pelaksanaan kegiatan Kontes Robot Seni Tari Indonesia” kata Romi Efendi.

Tim Rosemery terdiri dari 14 mahasiswa aktif dari berbagai jurusan dengan Ketua Romi Efendi, Angelyn Hermanindya Susanto (Manager), Nurlaila Umi Hasanah, Khofifah Diah Febrianti, Radinka Pangestu Yustiarto (Motion Programmer), Zakif Fatkul Irsad, Nur Afiani Qonina, Fahma Hatitah, Paundrakha Bajra Denta (Hardware Programmer), Arif Putra Effendy (Mekanik), Muchlis Tri Atmaja, Adhitya Ari Yudha, Zahidan Akhmad Nuradheli (Elektronik) dan Hanik Imtihanah (Artistik). Dosen pembimbing Dr. Herlambang Sigit Pramono dan Vando Gusti Al Hakim, S.Pd., M.Sc.

Penulis
Angelyn Hermanindya Susanto
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat