Deteksi Greenwashing Menggunakan AI: Dosen FEB dan FT UNY Berhasil Menjadi Pemenang Research Grant dari BI

1
min read
A- A+
read

Tim FEB

Dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan  Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil sebagai Pemenang Research Grant Bank Indonesia tahun 2024. Tim riset mengembangkan sistem deteksi greenwashing menggunakan kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal dengan Artificial Intelligence (AI). Tim ini diketuai oleh Dr. Ratna Candra Sari, S.E., M.Si., CA., CFP., IFP., CSRS. (FEB UNY) dengan anggota  Annisa Ratna Sari, S.Pd., M.S.ED. (FEB UNY) dan Dr. phil. Nurhening Yuniarti, S.Pd., M.T. (FT UNY)  diumumkan sebagai pemenang hibah penelitian setelah masuk sebagai 34 finalis Research Grant Bank Indonesia (RGBI) 2024 dan berhasil melewati seleksi lanjut. RGBI merupakan program skema dana hibah riset dari Bank Indonesia yang dialokasikan pada penelitian yang bersifat strategis, untuk jenis riset frontier dan riset pengembangan model yang dilakukan oleh peneliti eksternal, dengan topik penelitian yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Adapun topik yang diangkat oleh tim ini adalah ‘Artificial Intelligence untuk Mendeteksi Greenwashing dalam Peningkatan Inklusi Keuangan Hijau’. “Greenwashing merupakan praktik di mana perusahaan mengomunikasikan kinerja lingkungan atau sosial mereka dengan cara yang melebih-lebihkan atau tidak akurat, sering kali dengan menekankan aspek positif tanpa mengungkapkan informasi negatif secara penuh” kata Ratna Candra Sari. Ini menciptakan kesenjangan antara apa yang perusahaan komunikasikan tentang kinerja mereka dalam bidang lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) dengan apa yang mereka lakukan secara nyata. Hal ini telah menjadi perhatian serius di era keberlanjutan saat ini. Untuk mengatasi masalah ini, Ratna memimpin proyek penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan algoritma AI yang dapat mendeteksi tanda-tanda greenwashing dalam laporan keberlanjutan perusahaan.

Penelitian dengan topik pemanfaatan AI untuk meningkatkan inklusi ekonomi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong praktik bisnis yang lebih berkelanjutan di Indonesia. Selain itu, keberhasilan tiga dosen ini juga mencerminkan komitmen UNY dalam mendukung penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan.

Hibah penelitian dari BI ini merupakan bagian dari upaya lembaga keuangan tersebut untuk mendukung inovasi dan riset yang berpotensi memberikan dampak positif bagi pembangunan berkelanjutan. Dengan adanya dukungan seperti ini, diharapkan semakin banyak solusi inovatif yang dapat dikembangkan untuk menjawab tantangan lingkungan saat ini. 

 

Penulis
Astri Mardanik
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat