Pembekalan KKN-PK “Bersatu Padu, Jaga Marwah UNY”

1
min read
A- A+
read

“Dengan mengucapkan Bismillahir rahmannir rahim, secara resmi Pembekalan KKN dan PK Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023, Kamis, 23 Februari 2023 secara resmi dinyatakan dimulai ….. Pritttt (sambil meniup peluit),” Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan mengawali sambutannya.

Prof. Siswantoyo mengatakan, “Kami menghaturkan terima kasih kepada bapak/ibu di tiga wilayah, yang saya titipkan mahasiswa untuk mengikuti KKN-PK, untuk bersatu padu, seiring sejalan bergandeng tangan berpayung mesra dalam rangka membantu mengakselerasi misi-misi dari kabupaten melalui KKN. Dan Semoga mahasiswa KKN dapat menikmati, karena KKN itu sangat mengesankan.”

“Satu hal yang perlu mahasiswa siapkan adalah pertama identitas, siapa Anda? Mahasiswa UNY, dengan segala atribut, visi, misi UNY untuk bisa melekat, menyampaikan identitas integritas. Dengan membawa almamater di pundak kalian nasib nilai UNY kalian torehkan,” pesan Prof. Siswantoyo.

Lebih lanjut Prof. Siswantoyo juga berpesan, “Yang kedua, integritas. Apapun kondisi kalian, harus bersatu padu, harus membawa marwah UNY dimanapun kalian berada, maka dalam rangka mewujudkan leading in character education, maka bawa nama baik diri sendiri, keluarga, dan juga nama baik universitas. Ini pesan sponsor tidak boleh dilanggar.”

Sementara itu, Dr. Yudanto selaku Ketua Unit KKN, PK, PL, dan Magang mengatakan, tujuan diselenggarakan pembekalan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang KKN dan PK yang meliputi konsep, skema, program kerja, jumlah waktu, etika, tugas DPL, tugas guru pamong, pelaporan penilaaian,dan sistem, maka pada hari ini Kamis (23/2) di Auditorium UNY diselenggarakan Pembekalan KKN dan PK semester genap Tahun Akademik 2022/2023.

“Disamping itu, pembekalan ini juga bertujuan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pelaksanaan KKN/PK dan meningkatkan kemampuan kolaborasi mahasiswa dengan mahasiswa lain dalam satu kelompok yang berasal dari berbagai prodi,” kata Dr. Yudanto.

Universitas Negeri Yogyakarta pada semester genap 2022/2023 akan menerjunkan sejumlah 261 mahasiswa untuk mengikuti KKN, 48 mahasiswa mengikuti PK, dan 28 mahasiswa akan mengikuti KKN dan PK. Sedangkan pembagian lokasi KKN meliputi Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunungkidul. Sementara untuk rekapitulasi lokasi PK terdiri dari Lembaga/dinas, SMA, SMK, SMP, SD, SLB, TK dan Klub olahraga.

Narasumber yang dihadirkan disamping dari internal UNY, juga melibatkan narasumber eksternal dengan tema Arah Pemberdayaan Masyarakat Daerah melalui Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi, yaitu Sri Nurhidayah, MT (Subkoord Penelitian dan Pengembangan Bappeda Sleman), Khamdan Syakiri,, M.P., Science., M.P.A. (Kabid Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Bappeda Kulon Progo), dan Wijang Eka Aswarna, M.Si. (Kabid Kesejahteraan Rakyat Setda Gunungkidul).

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo

MBKM
IKU