Ninda, Tuna daksa yang Berjuang Meraih Cita- Cita lewat UTBK

1
min read
A- A+
read

Pada Hari kedua pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Rabu (18/5) dengan jumlah total 3447 peserta, terdapat tiga penyandang Tuna daksa yang akan mengikuti tes sesi ke 4 yaitu pada pukul 13.00. dari ketiga peserta tersebut hanya satu yang hadir untuk mengikuti tes yaitu Ninda Annisa Riswardhani.

Ninda yang berasal dari Klaten Jawa Tengah ini mengikuti tes UTBK yang bertempat di digital Library (Digilib) UNY. Walau memiliki keterbatasan yaitu tidak bisa berjalan secara normal, dengan dibantu kursi rodanya Ninda tetap semangat mengikuti tes UTBK.  Ninda yang bercita- cita menjadi seorang dosen ini menjelaskan bahwa dirinya menyukai hal- hal baru dan ingin mencoba berbagai kesempatan yang bisa membuat dirinya lebih maju.

Gadis berumur 21 tahun ini menceritakan bahwa ini adalah yg kedua kalinya ia mencoba peruntungan pada tes UTBK, setelah sempat mencoba pada tahun 2020 namun belum berhasil.

Ninda sendiri mengaku memilih UNY sebagai tempat dalam mengikuti tes karena merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh UNY kepada kaum difabel.

“Dulu pada tahun 2020 saya hanya menggunakan tongkat ketika akan mengikuti tes namun, pihak UNY dengan cepat menyediakan saya kursi roda agar lebih mudah menuju tempat tes,” ujarnya.

Ninda berpesan kepada seluruh peserta UTBK jika nantinya belum berhasil lolos, untuk tetap semangat mencoba di tahun berikutnya. (Khairani Faizah)