Kuliah Umum Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru UNY

Penerimaan mahasiswa baru UNY

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru di GOR UNY, Senin (5/8). Kuliah umum disampaikan Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. sebagai bekal bagi para mahasiswa baru tahun 2024.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Prof. Soni Nopembri, kegiatan ini diikuti oleh 12.002 mahasiswa baru jenjang D4, S1, S2 dan S3 termasuk program profesi insinyur. “Animo ke UNY pada tahun ini berjumlah 161.805 orang mulai D4 hingga S3 dan program profesi insinyur. Yang diterima sebanyak 11.688 orang ditambah jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) jenjang S1 sejumlah 181 orang, S2 sejumlah 124 orang dan profesi insinyur 9 orang. Sehingga total mahasiswa baru UNY 12.002 orang” katanya.

Jumlah mahasiswa terbanyak didapatkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi 1.867 mahasiswa, disusul Fakultas Bahasa Seni dan Budaya 1.746 mahasiswa. Kemudian Fakultas Teknik mendapat 1.803 mahasiswa baru. Fakultas Imu Sosial Hukum dan Ilmu Politik mendapat 1.616 mahasiswa, Fakultas MIPA 1.328 mahasiswa, Fakultas Vokasi 1.315 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1.255 mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan 900 mahasiswa, Sekolah Pascasarjana 93 mahasiswa, Fakultas Kedokteran 62 mahasiswa serta Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi 17 mahasiswa. Keketatan tertinggi ada di prodi Teknologi Informasi dengan keketatan 1:56, Fakultas Kedokteran 1:56, Administrasi Publik 1:54, Teknik Industri 1:53 dan Pendidikan Teknik Informatika 1:51.

Soni Nopembri memaparkan UNY menerima sebanyak 65 orang mahasiswa luar negeri yang mendapatkan beasiswa kemitraan negara berkembang dan beasiswa UNYDISS yang berasal dari beberapa negara diantaranya Pakistan, Thailand, Kazakhstan, Tiongkok, Jepang, Burundi, Tajikistan, Tanzania, Mesir dan Timor Leste. Mahasiswa baru UNY tahun 2023 yang berusia termuda, yaitu 15 tahun 8 bulan, Lahir di  Boyolali 24 November 2006, atas nama Novi Putri Rachmawati lulusan SMKN 3 Klaten terdaftar sebagai mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Skor tertinggi jalur SNBT jenjang S1 diraih oleh Zaky Ahmad Zulfa dari SMAN 2 Ngaglik dengan skor 775,32 dan diterima di prodi Psikologi, sedangkan jenjang D4 jalur SNBT Avriliana Maulida Savitri dari SMAN 1 Ngluwar mendapat skor tertinggi dengan perolehan 698,80 dan diterima pada prodi D4 Akuntansi.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengucapkan selamat datang pada 12.002 mahasiswa baru. “Mahasiswa, langkah presisi menggapai prestasi sangat relevan karena institusi Polri juga mengambil langkah presisi untuk mencapai prestasi” kata Rektor. Oleh karena itu UNY sebagai mitra Polda DIY juga akan membersamai adik-adik mahasiswa untuk menggapai prestasi. UNY juga selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul kreatif dan inovatif berkelanjutan melalui program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat pada berbagai bidang dalam skala nasional dan internasional. Banyak yang mempercayakan UNY sebagai tempat studi lanjut baik dari pelosok Indonesia maupun dari luar negeri, oleh karena itu perlu disyukuri berkah UNY menjadi PTN BH sejak 22 Oktober 2022.

Dalam kesempatan ini Kapolda DIY Irjen. Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. menyampaikan materi ‘Mahasiswa: Langkah Presisi Untuk Mencapai Prestasi’. Pembukaan acara penerimaan mahasiswa baru UNY ditandai dengan penyematan jas almamater yang diwakili oleh Avriliana Maulida Savitri untuk jenjang diploma, Zaky Ahmad Zulfa jenjang sarjana, Daffa Abiyu jenjang magister dan Astuti Handayani jenjang doktor.

Salah satu mahasiswa baru UNY Michael Ferdinando mengatakan pilihannya pada UNY adalah karena senang dengan jurusan yang ada. “Saya memilih prodi pariwisata karena sebelumnya saya sekolah di jurusan perhotelan” kata alumni SMKN 6 Yogyakarta tersebut. Michael diterima di program studi Pariwisata Fakultas Ilmu Sosial, Hukun dan Ilmu Politik dan kedepannya akan mengikuti organisasi mahasiswa yang sesuai passionnya.  

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat