Komitmen, adalah Kata Kunci Pendirian Holding Company

1
min read
A- A+
read

“Workshopnya ini intinya bagaimana caranya UNY mencari uang kan? Untuk itu silakan ATM kan saja, amati dengarkan paparan dari narasumber dengan sebaik-baiknya, tiru dengan dimodifikasi disesuaikan dengan kondisi UNY.” Demikian disampaikan Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam rangka memberikan pengarahan dan penguatan pada workshop pendirian Holding Company UNY di Ballroom Hotel UNY, Senin (20/2).

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan bahwa UNY akan menambah pengeluaran uang dalam rangka menfasilitasi guru besar yang memiliki materi untuk menyusun jurnal penelitian dan penulisan buku referensi. Namun Rektor juga berpesan agar saat mencetak harus menggunakan percetakan milik UNY. 

Di samping itu, “Dosen sebagai wirausaha, yang terpenting adalah naik pangkat cepat dan studi lanjut lulusnya cepat,” kata Prof. Sumaryanto menyinggung tentang kewirausahaan yang harus dilakukan dosen.

Workshop pendirian holding company UNY menghadirkan dua narasumber yaitu Dr. Ir. Naufal Mahfudz, M.M. (Direktur PT Bogor Life Science and Technology Bogor) dan Bambang Wicaksono, Direktur PT UPI Edun Indonesia Bandung.

Naufal Mahfudz menyampaikan bahwa PT Bogor Life Science and Technology Bogor mempunyai misi menghadirkan dan mengomersialkan inovasi  dan kepakaran terbaik IPB University guna menciptakan masa depan industry pertanian, kelautan, dan biosains tropika Indonesia yang lebih berdaya saing dan berkelanjutan; bekerja sama erat dan bersinergi dengan seluruh institusi IPB University dan Lembaga lain dalam dan luar negeri dan proses menghadirkan dan mengomersialkan inovasi dan kepakaran terbaik IPB university; menumbuhkembangkan kewirausahaan generasi muda civitas akademika dan alumni IPB Universit serta masyarakat Indonesia; memberikan manfaat finasial bagi IPB University untuk membangun insitusi Pendidikan yang berkelas dunia; dan memberikan nilai penghargaan dan apresiasi komersial bagi inovasi dan kepakaran IPB University untuk peningkatan kesejahteraan.

“Business Cluster meliputi food based, expertise based, finance based, property based, dan science based, dan corporate values adalah berintegritas, loyalitas, satu hati, dan tulus ikhlas” kata Naufal

Sementara Bambang Wicaksono, Direktur PT UPI Edun Indonesia Bandung menyampaikan analogi metamorphosis dalam mengawali pembentukan holding company, mimpi bila dipikirkan akan menjadi sebuah rencana, rencana bila diucapkan akan menjadi sebuah komitmen, komitmen bila dilakukan akan menjadi kenyataan. 

Strategi dalam mewujudkan mimpi ini penting, caranya dengan dibicarakan dulu, target apa yang akan dicapai. Hal yang harus dilakukan semua bekerja dengan berintegritas, loyalitas, satu hati, dan tulus ikhlas, serta hati-hati.

Hadir dalam workshop tersebut, Rektor, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Dekan Bidang RKSIU, Kasubdit dari Direktorat Kerjasama, Sistem Informasi, Inovasi dan Usaha, Kepala Lab KWU dan staf yang relevan.

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo

IKU
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia