Departemen Pendidikan Sosiologi Jalin Kerja Sama Dengan CPRI Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia

Penandatanganan nota kesepahaman

Departemen Pendidikan Sosiologi berupaya untuk terus mengembangkan kualitas baik secara sumber daya maupun kelembagaan. Salah satu bentuk pengembangan kelembagaan adalah menjalin kerja sama dengan lembaga/mitra internasional. Hal ini sekaligus mendukung pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama) Perguruan Tinggi, yaitu IKU 6 dengan indikator Perguruan Tinggi bekerjasama dengan mitra kelas dunia. Pada pertengahan tahun 2024 ini, tepatnya pada tanggal 8-11 Juli 2024, Departemen Pendidikan Sosiologi melakukan kunjungan akademik ke Centre of Pedagogical Research and Innovation (CPRI), Faculty of Human Development, Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Tim dari Departemen Pendidikan Sosiologi yang melakukan kunjungan yaitu Dr. Grendi Hendrastomo, M.M.,M.A.; Dr. Nur Endah Januarti, M.A.; Sasiana Gilar Apriantika, M.A.; dan Indra Rahayu Ningsih, M.Pd.

Dalam kunjungan tersebut, Tim dari Departemen Pendidikan Sosiologi melakukan beberapa kegiatan, salah satunya adalah penandatanganan dokumen kerja sama dengan CPRI. Terdapat 4 dokumen kerja sama yang disepakati, yaitu dokumen IA tentang Teaching Collaboration, dokumen IA tentang Collaborative Research, dokumen IA tentang Mini Seminar, dan dokumen IA tentang International Community Service. Adanya penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat jaringan dan pengembangan kelembagaan dalam level internasional bagi Departemen Pendidikan Sosiologi pada khususnya, dan Universitas Negeri Yogyakarta pada umumnya.

Selain penandatanganan kerja sama tersebut, kunjungan akademik di CPRI juga melakukan diskusi tentang tindak lanjut dari dokumen kerja sama yang telah disepakati. Salah satu yang menjadi highlight pembahasan adalah kegiatan Join International Seminar antara Departemen Pendidikan Sosiologi FISHIPOL UNY dengan Centre of Pedagogical Research and Innovation (CPRI). Dalam diskusi tersebut, antara kedua belah pihak menyepakati tentang tema seminar, waktu pelaksanaan, lembaga terlibat, serta ketentuan teknis lain. Harapannya, kegiatan Join Seminar ini dapat menjadi langkah awal untuk menindaklanjuti dkumen kerja sama yang telah ditandatangani. 

Penulis
Sasiana Gilar
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia