ATHI' NUR AULIATI RAHMAH, MAHASISWA UNY AJARKAN EKSPERIMEN FISIKA SEDERHANA DI PELOSOK MADURA

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA UNY AJARKAN EKSPERIMEN FISIKA SEDERHANA DI PELOSOK MADURA

Athi' Nur Auliati Rahmah, Mahasiswa Berprestasi I FMIPA UNY menjadi salah satu Mahasiswa Mengajar program Kampus Merdeka Kemdikbud RI. Athi' ditempatkan di SDN Guluk-Guluk II, Dusun Kadibas, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura.

“Tempat saya mengabdi merupakan pelosok desa. Akses untuk menuju ke Guluk-Guluk melewati tanjakan dan kelokan bukit penuh pohon bak 'Jurrasic World' serta 'jalan asteroid' yang berlubang. Sebagaimana masyarakat desa pada umumnya, mayoritas adik-adik peserta didik berasal dari keluarga tani. Kendati demikian, mereka tetap semangat untuk bersekolah. Pandemipun tidak menurunkan antusiasme mereka untuk melakukan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan”, ujar athi’ sapaan akrapnya.

Saat siswa ditanya, ternyata mereka jarang sekali melakukan eksperimen. Berpijak dari hal tersebut, Athi' yang merupakan mahasiswi Pendidikan Fisika berinisiatif untuk melakukan Eksperimen Fisika Sederhana: Balon Tahan Api bersama adik-adik kelas 6 SDN Guluk-Guluk II. Eksperimen ini mendapat respon positif dari adik-adik. Mereka menjadi lebih tertarik untuk mempelajari sains dan menginginkan untuk lebih sering melakukan eksperimen. "Besok eksperimen lagi, Bu" Ujar salah satu peserta didik.

Tak lupa Athi' selalu mendokumentasikan kegiatan-kegiatannya selama mengikuti Kampus Mengajar baik berupa foto maupun video. Eksperimen Balon Tahan Air ini ia videokan dengan dilengkapi penjelasan yang singkat dan mudah dipahami untuk anak SD. Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut sudah mencapai 250 lebih views di Instagram pribadinya. Semoga kegiatan eksperimen sederhana ini dapat mengispirasi teman-teman Mahasiswa Mengjar lainnya. (athi/witono)