Asesmen Lapangan Prodi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia

1
min read
A- A+
read

Penerimaan asesor

Prodi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia Fakultas Vokasi mendapat kunjungan dari asesor LAM-PTKes dalam rangka asesmen lapangan. Kunjungan dilakukan oleh Prof. Dr. apt. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc. dari Institut Teknologi Bandung dan Dr. apt. Raditya Iswandana, S.Farm., M.Farm dari Universitas Indonesia.

Para asesor disambut oleh Rektor beserta jajarannya di Ruang Rapim Rektorat UNY, Kamis (21/9). Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengucapkan selamat datang pada para asesor dan meminta arahan karena UNY berkomitmen pada tiga ranah pendidikan yaitu ranah akademik, vokasi dan profesi. “Komitmen UNY untuk membuka beberapa prodi vokasi atas saran Mendikbudristek dan Dirjen, untuk itu kami harus meyakinkan masyarakat bahwa UNY telah siap” kata Rektor. Karena ini prodi baru maka apabila ada kekurangannya harapannya dapat diberi arahan termasuk sarana prasarana yang perlu dipercepat keberadaannya. Rektor mengungkapkan kedepannya juga akan dibuka prodi S2 dan S3 terapan.

Daryono Hadi Tjahjono mengatakan kedatangannya bersama tim adalah untuk memotret dan meminta informasi dari punggawa prodi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia. “Harapannya kami bisa puas dengan apa yang didapatkan dan tidak perlu banyak memberi masukan” katanya. Apabila ada masukan maka perlu dukungan dari pimpinan universitas secara total pada prodi yang akan menjadi kebanggaan khususnya Fakultas Vokasi. Bila ditemukan adanya ketidaksempurnaan maka akan disempurnakan bersama. Dosen ITB tersebut juga berharap karena ini prodi vokasi maka dosennyapun akan lebih baik dari pengembangan S2 dan S3 terapan yang kompeten di bidang vokasi, tidak dominan dari akademik.

Pengobatan Tradisional Indonesia (PTI) merupakan prodi yang sangat menarik perhatian masyarakat, karena pengobatan tradisional memiliki tempat yang istimewa dalam budaya dan tradisi bangsa Indonesia. Program ini berdiri sejak tanggal 15 Februari 2021 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 008/D/OT/2021 tentang Izin Pendirian Program Studi Pengobatan Tradisional Indonesia Program Sarjana Terapan pada Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan akademik, seperti proses pembelajaran dan penerimaan mahasiswa, prodi PTI dimulai pada tahun 2021-2022 di bawah naungan FIK. Namun, setelah melewati perjalanan yang panjang dan penuh tantangan, prodi PTI pada tahun 2023 telah berpindah ke Fakultas Vokasi di UNY Kampus Wates bersamaan dengan perubahan status UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Penetapan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional