Aktif Olahraga dan Cegah Stress Membuat Lansia Sehat

1
min read
A- A+
read

DR. dr. Probosuseno memberikan materi

Hidup sehat bagi lansia merupakan harapan banyak orang. Orang yang paling beruntung adalah yang berumur panjang dan banyak kebajikannya, dan orang yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Bekalnya adalah dengan memperkuat 4 dimensi yaitu bio-psiko-sosial-kultural. Di sisi lain lansia juga sering terkena penyakit, hal ini disebabkan karena pikiran, metabolik, autoimun, infeksi atau trauma. Juga disebabkan karena bawaan atau penyakit degenerative. Demikian dikatakan Dr. dr. Probosuseno, Sp.PD, K-Ger, FINASIM, SE., MM dalam peringatan hari ulang tahun Ikapen ke-XII di Auditorium UNY, Rabu (15/6). Ikapen merupakan forum silaturahmi dosen dan tenaga kependidikan UNY yang telah purna tugas. Kepala Klinik Geriatri RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta tersebut memaparkan bahwa pada mulanya banyak lansia yang tidak menyadari penyakit yang ada pada dirinya. “Banyak penyakit kronis dan degenerative meningkat, dan beban berat bila opname berkali-kali. Alternatifnya adalah home care, dengan pencegahan dan deteksi dini” kata Probosuseno. Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan lansia perlu diperhatikan asupan makan minumnya, rajin olahraga, hindari stress dan lingkungan yang mendukung. Bagi para lansia diupayakan mengoptimalkan kemandirian dan deteksi dini hal membahayakan serta tidak lupa aktif dalam kegiatan sosial. Konsultan RSUP Dr. Suradji Tirtonegoro Klaten tersebut mengungkapkan kiat agar lansia tetap sehat yaitu dengan aktif berolahraga, tidak stress, lingkungan bersih dan sehat, tidur cukup, aktif beraktivitas sosial dan melakukan hobi serta makan minum yang halal.

Ketua panitia kegiatan Dr. Sumaryadi mengatakan Ikapen yang dibidani kelahirannya pada 15 Juni dua belas tahun yang lalu dibentuk sebagai wadah pasrawungan dan kebersamaan para pensiunan UNY dengan harapan dapat menjadi ajang saling asah asih dan asuh sehingga mampu membuat masa senja menjadi indah. “Hari ulang tahun Ikapen kali ini diberi tema menjadi lansia harus bahagia sehat dan sejahtera” katanya. Menurut Ketua Ikapen Dr. Sardiman AM, organisasi ini merupakan satu-satunya wadah resmi yang menaungi para pensiunan UNY yang berfungsi untuk menjalin tali silaturahmi dan melakukan berbagai aktivitas serta menjadi penghubung antara pensiunan dengan UNY. “Pendiri Ikapen berjumlah 18 orang dengan filosofi mikul dhuwur mendhem jero” kata Sardiman. Harapannya dengan adanya Ikapen walau usia telah lanjut namun semangat harus tetap muda.

Rangkaian kegiatan ulang tahun Ikapen diawali dengan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan serta  ceramah kesehatan lansia dan peresmian karawitan Ikapen. Perayaan ulang tahun Ikapen ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto yang diserahkan pada Ketua Ikapen Dr. Sardiman AM. Rektor UNY memaparkan bahwa walaupun telah purna tugas namun pada dasarnya hanya purna secara formal namun karyanya tetap berlanjut. Rektor juga berterima kasih pada para anggota Ikapen dengan dukungan dan doa restunya pada UNY sehingga tenar seperti saat ini. (Dedy)