PPs Seminar

Workshop Manajemen Sitasi Dan Referensi Berbasis Endnote Dan Mendeley

Unit Publikasi Pascasarjana UNY mengadakan acara Workshop Manajemen Sitasi dan Referensi Berbasis Endnote dan Mendeley, yang dihadiri sebanyak 136 orang. Narasumber pertama Susana Widyastuti, S.S., M.A., Ph.D memberikan materi terkait dengan penggunaan Endnote. Narasumber kedua Choirul Amri, S.Pd., Gr., M.Pd. membawakan materi terkait Mendeley.

WEBINAR LITERASI KEUANGAN “CERDAS DAN BIJAKSANA BERINVESTASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0”

Pengetahuan akan pengelolaan keuangan sangat penting bagi seseorang agar keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan bisa dilakukan. Kegiatan Webinar Literasi Keuangan yang diselenggarakan oleh KMP PPs UNY ini terbuka untuk mahasiswa Pascasarjana dan masyarakat umum, bertujuan agar audiens dapat mengelola keuangan pribadi secara bijak. Hal ini karena membelanjakan uang atas dasar kebutuhan membutuhkan suatu pemahaman. Terlebih zaman sekarang merupakan zamannya milenial dimana tuntutan banyak terjadi dan trend gaya hidup seolah menjadi suatu yang biasa dan harus di ikuti.

THE 5TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON CURRENT ISSUE IN EDUCATION (ICCIE) 2021 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

The 5th International Conference on Current Issue in Education, diinisiasi oleh Pascasarjana UNY mengusung tema Future of Education: Building Strong Learning Connection. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom yang diikuti oleh 106 peserta. Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada 2 sesi. Sesi 1 dilaksanakan Jum’at (12/11) dimulai pukul 13.00-16.15 WIB dan Sesi 2 dilaksanakan Sabtu (13/11) dimulai pukul 07.30-14.30 WIB.

RISET SOSIAL MEDIA: BIG DATA DAN ANALISIS KUALITATIF

Academik writing merupakan salah satu kewajiban yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa Pascasarjana. Untuk memfasilitasi mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab tersebut, Bidang Penelitian dan Pengembangan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) mengadakan serangkaian webinar guna mengoptimalisasi kemampuan mahasiswa pascasarjana secara khusus dalam penulisan artikel ilmiah. Kegiatan ini dinamakan “The Writing Clinic Series” atau disingkat WCS.

WRITING CLINIC #SERI2: TEKNIK PENULISAN ARTIKEL JURNAL BEREPUTASI

Membuat karya ilmiah merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa S2 dan S3 sebagai salah satu syarat yudisium di Universitas Negeri Yogyakarta. Artikel yang dibuat nantinya diharapkan dapat diterbitkan di jurnal bereputasi nasional maupun internasional. Tidak semudah lulus dari satu mata kuliah, banyak mahasiswa pascasarjana justru mengalami kendala pada saat menulis artikel. Kesulitan mahasiswa dalam menulis artikel tentu dapat mengakibatkan mahasiswa lulus lebih lama. Untuk menghindari hal ini, penting bagi mahasiwa untuk menguasai teknik-teknik dalam menulis artikel.

KONTRIBUSI PEMIKIRAN MENGENANG PROF DJEMARI MARDAPI, PH.D.

Tahun 2020 lalu, Prodi PEP Pascasarjana dan FT UNY kehilangan salah satu putra terbaiknya yaitu Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. Untuk mengenangnya, Prodi PEP PPs UNY menyusun buku “Kontribusi Pemikiran Mengenang Prof Djemari Mardapi, Ph.D.” Buku ini merupakan sumbangan pemikiran tentang karya-karya terkait asesmen, penelitian, dan evaluasi pendidikan, yang didedikasikan untuk mengenang Prof. Djemari Mardapi, Ph.D. (Alm.) atas jasa-jasa beliau, yang semasa hidupnya telah mengabdikan diri di bidang ini.

TREN RISET DAN KEBUTUHAN MASYARAKAT DALAM RISET DI MASA PANDEMI

Pelaksanaan kegiatan Webinar “Writing Clinic "#Seri 1 dengan tema umum Tren Riset Dan Kebutuhan Masyarakat Dalam Riset Di Masa Pandemi diadakan pada hari Minggu (12/9). Menghadirkan Prof Sukirno, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D, sebagai pemateri, kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom dan penayangan live di kanal youtube KMP_UNY. Dalam kesempatan tersebut, Direktur PPS UNY Prof. Dr. Anik Ghufron, M. Pd memberikan sambutan sekaligus membuka rangkaian acara webinar “writing clinic” yang rencana akan di lakukan dalam 3 seri.

MANAJEMEN PENDIDIKAN PASCA PANDEMI COVID 19

Di Indonesia, Kebijakan Pendidikan selalu berubah-ubah seiring dengan pergantian Menteri. Ini yang membuat hasil Pendidikan di Indonesia tidak meningkat. Karena pendidikan ini berjalan di tempat, berkeringat tapi tidak maju. “Oleh karena itu dalam manajemen pendidikan ini salah satu yang perlu dibenahi adanya suatu kebijakan yang continous improvement” buka Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. dalam PPM Manajemen Pendidikan Pasca Pandemi Covid 19 yang diadakan Pascasarjana UNY yang diadakan secara daring.

SIAPKAN DIRI UNTUK PETUALANGAN HIDUP BARU

Di era pandemi saat ini, pemerintah mengambil kebijakan agar masyarakat dapat menjaga jarak dan Social Distancing. Dimana kita dituntut untuk Work From Home, sekolah dan kuliah dari rumah dan dilakukan secara daring, sehingga akan ada banyak waktu luang yang kita miliki.  Waktu luang pada masa social distancing ini sebaiknya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat yang dapat menambah wawasan, seperti membaca buku, mengikuti webinar dan lain-lain.

OLAHRAGA MERUPAKAN AKTIVITAS YANG SANGAT DISARANKAN DITENGAH PANDEMI

Peristiwa Corona Virus yang sedang melandah dunia ini, maka mau tidak mau manusia terus bergerak mencari ilmu pengetahuan dalam berbagai metode yang bisa menunjang manusia tersebut, untuk mendapatkan berbagai informasi dalam menjaga kesehatan ditengah masa pendemik terkhususnya dalam menjaga imunitas tubuh melalui aktivtas melalui olahraga dan pola makan sehat.