UNY mengadakan Workshop Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Muara Enim

1
min read
A- A+
read

Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru tidak hanya menekankan pada aspek pengetahuan. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas namun juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Itulah sekelumit paparan dari dosen Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik UNY Dr. Fitri Rahmawati M.P. dalam Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Muara Enim, Selasa (8/11). "Dalam dunia pendidikan yang selalu berkembang dan berinovasi bertujuan untuk dapat mengimbangi perkembangan era teknologi dan kemasyarakatan saat ini", paparnya. Workshop ini berlangsung secara blended, peserta workshop yang diundang sejumlah 150 peserta dari Kabupaten Muara Enim, bertempat di Ruang Bappeda Kabupaten Muara Enim, sedangkan narasumber UNY menyampaikan materi secara daring melalui platform Zoom meeting.

Workshop dibuka oleh Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, Karmidi, S.Pd. menyampaikan terimakasih pada UNY telah peduli pada para guru di Kabupaten Muara Enim. “Kami di Kabupaten Muara Enim, terlebih para guru, sangat membutuhkan adanya pencerahan terkait Kurikulum Merdeka ini, yang mana digadang-gadang mampu memberikan pendidikan yang berkualitas dan efektif bagi guru dan juga siswa-siswa kami” kata Karmidi. Pemaparan terkait kondisi pendidikan di Kabupaten Muara Enim disampaikan oleh Karmidi dengan berbagai data yang signifikan. Dari usia pendidikan, pemerataan pendidikan, kualitas pendidikan, serta sarana dan prasarana penunjang pendidikan tersaji dalam bentuk data yang jelas. Dengan adanya workshop ini harapannya Kabupaten Muara Enim dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka untuk mendidik siswa dengan lebih baik.

Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY Prof. Siswantoyo hari ini UNY secara blended di Kabupaten Muara Enim untuk bisa berbagi pengalaman untuk pengembangan diri dan lembaga agar bisa lebih efektif maju berkelanjutan. Siswantoyo berharap bahwa ini bukan hanya sekali namun masih ada kolaborasi dan kerjasama yang terbina dalam waktu yang akan datang, dan UNY sangat terbuka lebar demi kemajuan dunia pendidikan yang merata di seluruh Indonesia. "Hal ini sesuai dengan jargon kami, bersatu kita maju, bersama kita bisa dan bermitra kita juara dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kita bersama” imbuhnya.

Penulis: Prasetyo
Editor: Sudaryono

MBKM