Tingkatkan Kebugaran, Menpora Galakkan Kembali Senam SKJ

1
min read
A- A+
read

Senam bersama

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan sejumlah agenda yang menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Prof. Zainuddin Amali, kegiatan tersebut adalah ujian terbuka Promovendus Doktor Sridadi, pelantikan serta rakernas Asosiasi Profesor Keolahragaan Indonesia (Apkoridan senam bersama. Agenda tersebut digelar Jumat (21/10) di UNY.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto mengatakan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Olahraga Senior dan Rektor Senior UNY yang meletakkan batu pertama pembangunan stadion atletik dan sepakbola. “Stadion yang digunakan untuk kegiatan ini waktu itu mendapat bantuan Kemenpora sebesar 4,5 miliar Rupiah” kata Sumaryanto. Setiap hari Jumat UNY selaku melakukan jam krida, dan pada hari ini krida tersebut dibersamai Menpora RI beserta jajarannya.  Senam bersama ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Menpora di UNY sebagai wujud kesiapan UNY dalam melaksanakan tugas dari Kemenpora yang salah satunya adalah implementasi rancangan grand design olahraga nasional.

Prof. Zainuddin Amali mengatakan bahwa mulai tahun ini SKJ akan digalakkan kembali dari kalangan anak-anak hingga dewasa, karena sejak adanya pandemi covid 19 kemarin, anak-anak kurang beraktiftas dan mengakibatkan kebugaran berkurang. Prof. Haryadi Said dari Universitas Negeri Gorontalo merasa terharu dengan kebersamaan kegiatan pada hari ini karena tidak menyangka akan melibatkan siswa SD, SMP hingga SMA. “Saya mengira hanya untuk civitas akademika UNY, dan ini menjadi contoh bagi saya” kata Haryadi Said. Menurutnya kelebihan yang dimiliki UNY akan dibawa ke Gorontalo untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam rangka menghimpun seluruh elemen yang ada di sekitar kampus. Harapannya UNY dapat menjadi lokomotif dalam membantu perguruan tinggi lain di daerah.

Salah satu peserta senam bersama, Reza dari SMAN 6 Yogyakarta merasa gembira dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini karena selain dapat bertemu kakak angkatan yang telah kuliah di UNY juga dapat bertemu adik-adik kelas yang duduk di bangku SD dan SMP. Kegiatan senam bersama ini diikuti oleh lebih dari 1000 orang siswa SD, SMP dan SMA serta para guru, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan UNY.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia