Seminar Integrated Marketing & Branding di Universitas Negeri Yogyakarta

Dr. Ginanjar Rahmawan

Pengelola Program Wirausaha Merdeka (WMK) EduBlank-On UNY menggelar seminar bertajuk ‘Integrated Marketing & Branding’ pada Selasa, (1/10) di Auditorium. Seminar ini dihadiri oleh 400 mahasiswa WMK yang menaruh perhatian tentang strategi pemasaran dan branding terkini.

Acara ini menghadirkan beberapa pembicara termasuk Dr. Ginanjar Rahmawan seorang dosen dan Abdurrafi Afif Ramelan Ashary, SE seorang influencer ternama di Indonesia. Kedua narasumber membagikan wawasan mendalam tentang bagaimana integrasi antara pemasaran tradisional dan digital dapat meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan loyalitas konsumen yang kuat. Ginanjar Rahmawan dalam paparannya menjelaskan pemasaran adalah seni dan ilmu dalam memilih, mendapatkan, menjaga, mengembangkan target pasar melalui cara membuat, mengantar dan mengkomunikasikan nilai. “Tugas seorang wirausaha dalam marketing selain menguatkan branding juga membangun, mengantarkan dan mengkomunikasikan value produk/jasa ke konsumen” tutur Ginanjar. Pengkomunikasian value tersebut bisa melalui berbagai saluran seperti promo, iklan, pemasaran langsung. Namun pada era sekarang yang paling efektif adalah melalui social media atau online media.

Ginanjar menjelaskan tips sukses beriklan melalui social media. Langkah pertama tentukan niche market, cari problem mereka, tawarkan solusinya dan bikin konten hook. Terakhir lakukan semua itu dengan konsisten.

Abdurrafi Afif Ramelan Ashary di sisi lain membagikan pentingnya branding dalam berbisnis. “Hal yang penting dalam branding adalah identitas, kredibilitas, gaya bicara dan interaksi dengan audiens” katanya. Tipsnya dengan kata kunci yang sedang hits lalu membuat kata-kata yang relate dan menarik. Sedangkan untuk marketing sosial media gunakan platform Tiktok atau Instagram lalu buat konten yang relate dan menarik.

Seminar ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana peserta antusias mengajukan pertanyaan terkait tantangan dalam menghadapi dinamika pemasaran digital yang terus berkembang. Selain itu, acara ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperluas jaringan dan bertukar ide mengenai tren pemasaran masa depan. Kegiatan ini memberi kontribusi dalam tujuan pembangunan berkelanjutan bidang pendidikan, kemitraan, mengurangi kemiskinan dan mencegah kelaparan.

Salah satu peserta Cut Hasna merasa senang ikut kegiatan WMK ini. “Saya dapat ilmu pengetahuan tentang bisnis dan mengembangkan usaha” ujar mahasiswa Fakultas Teknik tersebut. Ia berencana mengembangkan usaha piercing dan nail art melalui WMK ini. Sebelumnya ia juga sudah merintis usaha jual beli mobil bersama keluarganya di Lampung dan berencana mengembangkan usahanya di Yogyakarta.

Dengan topik yang relevan dan pembicara yang kompeten, seminar Integrated Marketing & Branding ini menjadi salah satu kegiatan akademik unggulan di UNY, yang diharapkan akan terus berlanjut di masa mendatang untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan di bidang pemasaran.

Penulis
Dedy
Editor
Sudaryono
Kategori Humas
MBKM
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat