Punya Buah Kelapa? Silakan Olah Menjadi Keripik Yang Lezat

1
min read
A- A+
read

Keripik kelapa

Kelapa merupakan salah satu tanaman khas daerah tropis yang banyak terdapat di Desa Bojong 3, Panjatan, Kulonprogo yang menjadi lokasi KKN Vokasi UNY 2023. Dalam rangka membantu untuk memajukan perekonomian masyarakat Desa Bojong 3 dan menginovasikan potensi alamnya, salah satu mahasiswa D4 Tata Boga Fakultas Vokasi UNY Wates,Citra Ramadhani, memberikan ilmu dan juga mempraktikkan demo cooking class dengan mengolah kelapa mentah menjadi keripik kelapa sebagai suguhan yang nikmat dan manis. “Olahan kelapa dipilih karena masyarakat masih belum memanfaatkan dengan maksimal atau masih menjadi bahan mentah. Selain itu, pengolahan menjadi keripik sangatlah mudah dilakukan sehingga bisa ditiru” papar Citra, Kamis (20/4).

Menurut Citra program kerja keripik kelapa ini mengajak ibu-ibu Bojong 3 yang memiliki ketertarikan dalam dunia kuliner. Dengan pengolahan keripik kelapa memberikan rasa baru yaitu manis gurih, manis berasal dari gula dan gurih berasal dari kelapa dan garam. Kelapa yang digunakan yaitu kelapa sedang, penggunakan kelapa sedang bepengaruh terhadap kualitas kerenyahan keripik kelapa. Jika mengunakan kelapa tua, kelapa akan susah dikupas dengan peeler dan hasilnya akan keras dan apabila menggunakan kelapa muda tidak dapat dikupas karena terlalu lembut, sehingga penggunakan keripik kelapa cocok menggunakan kelapa sedang.  

Pengolahan keripik cukup mudah. Hanya dengan tambahan tepung tapioka, tepung beras, gula, telur dan garam sebagai bahan adonan keripik. Proses pembuatan pun mudah bisa dilakukan di rumah, caranya kupas kelapa yang sudah dikupas kulit luar dengan menggunakan alat peeler dengan bentuk akhir  tipis dan panjang. Campur kedalam adonan yang sudah disiapkan selanjutnya digoreng dengan satu per satu. Hal ini dilakukan agar tidak menggerombol. Lakukan teknik 2 kali goreng untuk menghasilkan tingkat kerenyahan yang krispi pada keripik kelapa. Langkah terakhir bisa ditambahkan karamel, bubuk coklat atau bubuk matcha apabila ingin menambah rasa.

Setelah melakukan kegiatan tersebut salah satu warga Bojong 3 Nur Aisyah memberikan masukan terhadap hasil keripik kelapa yang telah didemonstrasikan.Rasanya enak, krispy, manis, dan dapat dijadikan sebagai cemilan” kata Nur Aisyah. Cemilan keripik kelapa ini juga disajikan dengan kemasan pouch yang memudahkan untuk dibawa dan juga label yang menarik agar bisa dijual kembali. Program kerja ini bisa membantu perekonomian di Desa Bojong 3 dan juga salah satu inovasi untuk mengolah kelapa menjadi bahan jadi yang bernilai tinggi.

Ketua KKN Vokasi UNY Bojong 3 Reza Al Faruqi mengatakan potensi pemanfaatan kelapa di Bojong 3 sangat tinggi karena banyak pohon kelapa di desa ini. “Kegiatan pembuatan keripik kelapa ini merupakan salah satu cara menikmati kelapa selain sebagai bumbu masak, lauk srundeng atau dinikmati air kelapa mudanya” ujar Reza. 

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

 

MBKM