PRE-DEPARTURE AWARDEES IISMA LATVIA LITHUANIA DAN PENJAJAGAN KERJASAMA ANTARA UNY DENGAN KBRI STOCKHOLM DAN KOPENHAGEN

1
min read
A- A+
read

PRE-DEPARTURE AWARDEES IISMA LATVIA LITHUANIA DAN PENJAJAGAN KERJASAMA ANTARA UNY DENGAN KBRI STOCKHOLM DAN KOPENHAGEN

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Rabu, 11 Agustus 2021 lalu menjadi host university dalam acara pre-departure mahasiswa yang menjadi awardee dari kegiatan International Indonesian Student Mobility Awards (IISMA) dalam program MBKM Ditjen Dikti ke tujuan Latvia (Daugavpils University) dan Lithuania (Vygtaus Magnus University). Tiga belas mahasiswa awardee IISMA ke Latvia dan Lithuania yang didampingi Pimpinan Perguruan Tinggi dan/atau Perwakilan Kantor Internasional IISMA Awardees dari Home University di Indonesia menjadi peserta dari acara ini, dua diantaranya adalah Daffa Muhammad Rifqi dari FMIPA dan Assyiffa Tamara Hadyuna dari FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes dan dilanjutkan dengan sambutan serta pengenalan UNY oleh Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY. Rektor UNY menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan IISMA sekaligus menghimbau para dekan, staff, tenaga kerja, maupun mahasiswa UNY agar menjadikan kegiatan ini sebagai pemicu untuk aktif memfasilitasi kegiatan serupa sebanyak-banyaknya di masa mendatang. Senada dengan Bapak Rektor, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes juga menunjukkan dukungan positif terhadap kegiatan ini. Beliau juga menambahkan bahwa untuk mendukung terwujudnya visi UNY pada tahun 2025 sebagai universitas terkemuka dunia, UNY sudah menyiapkan banyak hal, termasuk meningkatkan jejaring kerjasama. Oleh karena itu, beliau berharap kegiatan dengan KBRI Stockholm dan Kopenhagen ini bisa menjadi salah satu cara UNY untuk mengepakkan sayap ke dunia.

Selanjutnya, Ketua Pokja IISMA Bapak Junaidi juga turut memberikan sambutan dan pengenalan umum mengenai program IISMA yang didanai oleh LPDP ini. Koordinator Program IISMA Bapak Andi Rahadiyan Wijaya menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya mengirim mahasiswa ke Latvia dan Lithuania.

Acara pembekalan diawali dengan pemaparan tentang Latvia dan kiat-kiat hidup di negara tersebut oleh Bapak Iwa, PF Protokol Konsuler KBRI di Stockholm, Swedia dan Ibu Rosmawati Siregar, Pensosbud KBRI di Stockholm, Swedia merangkap Republik Latvia. Pemaparan mengenai Lithuania dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk hidup di negara tersebut disampaikan oleh Bapak Horionsah Hasan, Pensosbud KBRI di Kopenhagen, Denmark merangkap Republik Lithuania dan Ibu Bernadeta Pratiwi dari KBRI Kopenhagen, Denmark. Para mahasiswa tampak antusias menyimak pemaparan dari dari para narasumber juga aktif bertanya pada sesi tanya jawab. Baik perwakilan KBRI di Stockholm dan Kopenhagen maupun Pokja IISMA memastikan mahasiswa agar tetap aman dan nyaman dalam belajar di Latvia di Lithuania meskipun harus berangkat dalam kondisi pandemi Covid-19 ini.

Ditulis oleh: Anindia dan Kartika Ratna Pertiwi – Kantor Layanan Internasional UNY.

➖ Akun Resmi Kami ➖
Email: international.office@uny.ac.id
Website: io.uny.ac.id
Instagram: @io.uny
__________________________
©️ Kantor Layanan Internasional UNY