Penerimaan Praktek Kependidikan (PK) Internasional Mahasiswa UPSI di UNY

1
min read
A- A+
read

Foto bersama

Unit Layanan (UL) KKN PK UNY menerima mahasiswa Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dalam program Praktek Kependidikan (PK) Internasional pada Senin 17/10. Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Margana, Ketua UL KKN PK Dr. Ngatman, Dosen Pendamping Mahasiswa UPSI Assoc. Prof. Dr. Ridzwan Che Rus, dan para Pokja Akademik. Program ini diikuti sebanyak 33 mahasiswa UPSI yang akan di terjunkan pada 6 sekolah mitra UNY dimulai pada 16 Oktober-30 November 2022. Program ini memiliki tujuan untuk menjalin kerjasama resiprokal dengan perguruan tinggi mitra luar negeri agar mahasiswa mendapat pengalaman berkegiatan di luar kampus. Selain itu juga guna membekali mahasiswa dengan keterampilan mengajar yang memiliki nilai jual di dunia kerja atau di masyarakat sehingga diharapkan tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan program ini guna mempersiapkan mahasiswa guna menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pada era ini bukan kompetisi yang di tuju melainkan kolaborasi kedua negara. “Saya meyakini bahwa dengan adanya program pertukaran pelajar akan memperkuat sinergisitas antara bangsa Indonesia dan bangsa Malaysia tentunya” imbuh Margana. Program PK Internasional ini tentu mempersiapkan mahasiswa guna memperoleh amal jariyah ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan mendatang.

Dosen Pendamping Mahasiswa UPSI Assoc. Prof. Dr. Ridzwan Che Rus mengatakan bahwa kegitan PK Internasional ini merupakan pertukaran pelajar antar bangsa khususnya untuk saat ini Indonesia dan Malaysia. “Saya melihat UNY dan UPSI memiliki kesamaan visi dan misi menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2025. Tentu hal ini menjadi kerjasama yang saling menguntungkan untuk meraih visi dan misi yang telah di rancang” kata Ridzwan. Lebih lanjut UPSI memiliki rencana kurang lebih 4000 mahasiswa akan pergi ke pelosok seluruh dunia guna menimba ilmu serta meningkan kualitas pendidikan. Sehingga UPSI meraih peringkat 100 universitas terbaik dalam bidang pendidikan di seluruh dunia versi QS Word.

Dalam kesempatan yang sama Shazarul salah satu mahasiswa UPSI berkesematan untuk melakukan program PK Internasional di SMKN 2 Depok. “Rasa yang tercampur aduk antara bahagia karena karena dapat mengikuti program ini dan sedih jauh dengan keluarga” ujar Shazarul.  Selain itu, program ini sebuah upaya untuk memfasilitas mahasiswa untuk bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke masyarakat di kancah Intersional. “Guru di Indonesia ramah-ramah dan baik hati. Membuat saya nyaman dan semangat untuk mengikuti program ini” pungkas Shazarul. 

Penulis : Asrofi

Editor : Dedy

 

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia