Pelatihan Layouting Fomuny 2022

1
min read
A- A+
read

Pelatihan layouting

Acara Pelatihan Layouting FOMUNY 2022 digelar baru-baru ini. Acara ini bertujuan untuk, baik melatih, mengembangkan, maupun meningkatkan kemampuan pengurus FOMUNY 2022 dalam bidang desain grafis. Tema yang diusung tahun ini adalah Mengembangkan Keterampilan Desain Grafis dengan Adobe Illustrator melalui Pelatihan Layouting FOMUNY 2022. Sesuai dengan tema, software yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Adobe Illustrator CS6. Acara ini dilaksanakan secara online bagi para peserta mengingat pandemi covid-19 belum mereda, melalui platform Zoom meeting dan streaming Youtube. Sedangkan untuk panitia dilaksanakan secara offline.

Selama acara berlangsung, tercatat sebanyak 52 orang (pengurus FOMUNY dan alumni FOMUNY) yang berada di Zoom, serta sebanyak 6 orang (peserta umum) yang mengikuti melalui streaming Youtube. Panitia menyebarkan broadcast di grup WhatsApp FOMUNY 2022 terkait pelaksanaan Pelatihan Layouting FOMUNY 2022 yang mana disertai link google drive berisi tutorial penginstallan AI CS6 serta software-nya sendiri. Pengurus FOMUNY diberi waktu selama seminggu untuk menginstall software tersebut.

Acara Pelatihan Layouting ini dilaksanakan pada pukul 08.30-12.00 WIB. Peserta memasuki Zoom pada pukul 08.15 WIB. Kemudian acara dibuka mulai pukul 08.30 WIB oleh MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UNY, dan Mars Bidikmisi, lalu dilanjut oleh sambutan dari ketua acara dan koordinator FOMUNY 2022. Setelah sambutan, MC langsung mengarahkan pada acara inti yaitu materi pengenalan tentang Adobe Illustrator yang dibawakan oleh pembicara, yaitu Tri Angga Purwoko (alumni FOMUNY) yang juga selaku alumni divisi PR Media sendiri. Setelah penyampaian materi, dibukalah sesi tanya-jawab kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. Setelah sesi foto bersama, acara ditutup oleh MC pada pukul 11.45 WIB.

Setelah acara selesai, para peserta diberi penugasan untuk membuat sebuah karya desain pamflet atau poster dengan tema bebas melalui Adobe Illustrator. Penugasan ini diberikan hanya untuk pengurus FOMUNY. Peserta diberi waktu selama seminggu untuk mengerjakan penugasan tersebut yang nantinya dikumpulkan dalam bentuk png/jpg serta project AI di link google drive yang telah disediakan. Setelah seminggu, diumumkannya satu pemenang karya terbaik. Pada Jumat, 4 Maret 2022, pengupload-an karya-karya peserta di story Instagram FOMUNY sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang telah mengumpulkan penugasan. Pemenang terbaik penugasan adalah Vania Nur Fadhillah (Pendidikan Ekonomi 2020) dari Divisi KWU yang segera mendapatkan hadiah dari panitia. (Tim Media Fomuny)