Obat Nyamuk Alami Dari Bahan Serai Karya Mahasiswa KKN UNY

1
min read
A- A+
read

Obat nyamuk berbahan serai

Mahasiswa KKN 10834 UNY di Dadapan, Sidoluhur, Godean, Sleman mengajarkan pembuatan obat nyamuk spray pada warga setempat. Para mahasiswa tersebut adalah Ham Ananta Baharudin, Arni Febriyanti, Annisa Ana Sabilla, Asnan Munandar, Labal Rahmandito, Dwi Nurkholifan, Rinta Dwi Anugra, Nanda Firman Hadi, Muhammad Minto Aji Shodiq dan Indra Kurniawan.

Menurut Ketua KKN Dadapan Ham Ananta Baharudin pelatihan pembuatan obat nyamuk spray ini untuk melindungi diri sendiri dari serangan nyamuk, yang bisa dilakukan dengan menggunakan repelan atau anti nyamuk. “Nyamuk merupakan salah satu serangga yang membawa banyak penyakit bagi manusia seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria. Hal ini sangat berbahaya” katanya, Jumat (29/9). Obat nyamuk yang mereka buat tidak menggunakan bahan kimia berbahaya karena memakai serai sebagai bahan utamanya.

Penanggungjawab pelatihan Rinta Dwi Anugra mengatakan penggunaan serai sebagai obat nyamuk alami karena mengandung citronellol dan geraniol yang memiliki sifat repelan. “Selain itu juga mengandung metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal sebagai obat nyamuk semprot” kata Rinta. Alat yang digunakan adalah pisau, panci, kompor, saringan, baskom dan botol spray sebagai wadah obat nyamuknya. Sedangkan bahan yang dibutuhkan hanya serai, air serta etanol atau alkohol.

Cara membuatnya kulit serai dikupas dari batangnya dan dibilas menggunakan air bersih. Serai dianginkan hingga kering dan dipotong kecil-kecil pada batangnya. Serai lalu direbus dengan perbandingan serai dan air sebesar 1:3 selama kurang lebih 30 menit hingga air serai yang tersisa selama proses perebusan kurang lebih 1/3 dari jumlah air awal. Air rebusan serai disaring dari sisa padatan serainya, setelah dingin  kemudian dicampur dengan etanol  70%. Perbandingan etanol dengan air rebusan serai adalah 3:1. Obat nyamuk serai kemudian dikemas dalam botol.

Indra Kurniawan berharap dengan pelatihan ini masyarakat juga dapat membuat sendiri semprotan anti nyamuk dari serai untuk mengurangi bahaya terpapar bahan insektida atau bahan kimia lain yang kurang baik untuk kesehatan maupun bagi lingkungan yang berasal dari produk anti nyamuk yang banyak beredar di pasar.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM