UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA MEMFASILITASI PESERTA UTBK BERKEBUTUHAN KHUSUS

1
min read
A- A+
read

Terdengar pesan orang tua saat mengantar salah satu peserta di drop area Kampus UNY. “Jangan lupa nanti memakai hand sanitizer, dan tetap selalu memakai masker” kata orang tua peserta UTBK kepada anaknya yang akan mengikuti UTBK pada hari Senin, 6 Juli 2020 di Universitas Negeri Yogyakarta. Memang betul, saat pelaksanaan tes di Pusat UTBK Universitas Negeri Yogyakarta protokol kesehatan Covid-19 sangat disiplin dilaksanakan.

Protokol pelaksanaan peserta UTBK 2020 dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang harus diperhatikan dan dilaksanakan menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. meliputi “menjaga kesehatan dan disarankan tetap tinggal di rumah sebelum pelaksanaan UTBK, berikutnya mencari informasi lokasi ujian dengan cara melihat denah di laman pmb.uny.ac.id dan/atau melihat langsung ke lokasi ujian”. Lebih lanjut Margana mengatakan untuk jangan lupa membawa surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan dan membawa seluruh dokumen yang disyaratkan.

“Mengikuti protokol kesehatan mulai dari pengukuran suhu, cuci tangan, pakai masker, sarung tangan (jika diperlukan) dan disarankan menggunakan face shield,”imbuh Margana. Di samping itu Ketua KLA PMB UNY, Dr. Setya Raharja berpesan kepada peserta UTBK, “jaga jarak, tidak berinteraksi dengan peserta lain, dan jangan lupa, setelah mengikuti ujian peserta langsung meninggalkan lokasi dan pulang, jangan mampir-mampir”. Dikatakan juga, “Mudah-mudahan dengan tetap mengedepankan protokol Covid-19 kita terhindar dari virus yang mematikan tersebut, tidak menjadi penular, maupun tertulari!” papar Setya. Protokol lainnya bahwa pengantar tidak diperkenankan berada di area ujian.

Pada pelaksanaan UTBK hari kedua ini, sesi 5 peserta hadir 654 (95,5%), dan sesi tujuh hadir 661 peserta (96,50%). Dari jumlah peserta tersebut, terdapat peserta penyandang tuna rungu yang mengikuti seleksi UTBK pada hari ini. “Kita perlakukan sama dengan peserta lainnya, untuk memudahkan komunikasi difasilitasi dengan menggunakan tulisan,” kata Sudarwanto, M.Eng. selaku pengawas ruang tersebut. Di samping itu terdapat dua penyandang tuna daksa yang sangat bersemangat mengikuti UTBK di ruang LIMUNY, yang bersangkutan disediakan kursi roda dan dilayani sampai menuju tempat ujian yang telah ditentukan oleh panitia.
Secara umum pelaksanaan UTBK di hari kedua ini berjalan tertib dan aman, dan tetap mengedepankan protokol Covid-19. (Sud).