MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN FMIPA MENGIKUTI PLT INTERNASIONAL DI MALAYSIA DAN THAILAND

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN FMIPA MENGIKUTI PLT INTERNASIONAL DI MALAYSIA DAN THAILAND

Pada tahun 2019, Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY kembali menawarkan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)  Internasional kepada mahasiswa UNY melalui skema kerjasama SEA – TEACHER SEAMEO dan kerjasama antar Universitas  University to University (U to U) dibawah naungan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI). Program SEA TEACHER SEAMEO merupakan program dari Kementerian Pendidikan di Asia Tenggara dibawah naungan ASEAN, yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan pertukaran mahasiswa dalam bentuk kegiatan praktik mengajar di sekolah – sekolah yang berada di Thailand dan Filipina.

Dalam skema SEA – TEACHER SEAMEO ini, UNY bekerjasama dengan Universitas – Universitas yang ada di Thailand dan Filipina dengan mengirimkan perwakilan mahasisa mereka untuk melaksanakan kegiatan praktik mengajar selama 1 (bulan) di sekolah mitra dari Universitas penerima.

Tahun ini, 2 mahasiswa FMIPA  yang terdiri dari Ghani Arrasid, mahasiswa prodi Pendidikan Matematika dan Weni Kusuma Ningsih (prodi Pendidikan IPA) berkesempatan untuk mengikuti program SEA – TEACHER SEAMEO BATCH 8 project di Thailand selama kurang lebih 1 (satu) bulan. Ghani Arrasid dan Weni Kusuma Ningsih, sebelumnya telah  lolos seleksi yang diselenggarakan oleh KUIK dan dengan negara tujuan Thailand dibawah bimbingan Suratthani Rajabhat University (SRU). Praktik mengajar ini dilaksanakan terhitung dari tanggal 11 Agustus 2019 sampai dengan 09 September 2019 di sekolah mitra Suratthani Rajabhat University (SRU), yaitu Kanchanapissek Wittayalai Suratthani School (KJST). Di sekolah ini, mereka mengajar mata pelajaran Matematika dan IPA dengan spesialis Biologi.  

Sedangkan program U to U sendiri adalah program kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta , Indonesia dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris ( UPSI), Malaysia yang dilaksanakan 17/8/19 s.d. 9/9/19 di Negeri Perak Darul Ridzuan. UNY mengirimkan sebanyak 14 mahasiswa yang terdiri dari berbagai jurusan. Dari FMIPA ada tiga mahasiswa yaitu Ardani dan Anisa Rahma Dewi dari Pendidikan Matematika serta Findya Eprita Rimanada dari Pendidikan IPA. Ardani dan Findya melaksanakan PLT Internasional di Sekolah Menengah Kebangsaan  Khir Johari (SMk Khir Johari) Tanjong Malim, sedangkan Anisa melaksanakan PLT Internasional di Sekolah Menengah Kebangsaan Bandar Behrang 2020 (SMk Behrang 2020). Mereka melaksanakan praktik di sekolah tersebut mulai tanggal 20 Agustus sampai 5 September 2019. Selama melaksanakan PLT Intenasional di Malaysia, mereka mempelajari system Pendidikan, cara pengajaran, dan budaya yang ada di sekolah di Malaysia, khususnya di SMk Khir Johari dan SMk Behrang 2020.

Ardani mengatakan, dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa peserta program terutama untuk menambah wawasan mengenai proses KBM dan sistem pendidikan yang diterapkan di negara tujuan. Perbedaan budaya, bahasa, dan kurikulum merupakan tantangan bagi mahasiswa peserta program untuk dapat melaksanakan praktik mengajar di negara tujuan.

“Dalam program ini, para peserta dituntut untuk dapat mempelajari dan beradaptasi dengan budaya dari negara tujuan dan juga dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahasa pengantar internasional (Bahasa Inggris) sehingga mahasiswa harus benar benar mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris sehingga dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik. Selama melaksanakan program paktik mengajar, para mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan dari Universitas masing-masing dan guru pamong. Selain itu, pengalaman mengajar di luar negeri juga dapat membantu mahasiswa dalam bersaing dalam perkembangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (witono)