DPP IKA UNY SELENGGARAKAN WEBINAR KARANGMALANG EDUCATION FORUM KE-6 BERTEMA SEHAT DI ERA COVID-19

2
min read
A- A+
read

DPP IKA UNY SELENGGARAKAN WEBINAR KARANGMALANG EDUCATION FORUM KE-6 BERTEMA SEHAT DI ERA COVID-19

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (IKA UNY) siang tadi (15/8) menyelenggarakan Karangmalang Education Forum (KEF) yang ke-6 dengan tema “Sehat di Era COVID-19” di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi. Diawali dengan laporan dari Ketua DPP IKA UNY Prof. Suyanto, Ph.D. yang melihat kenaikan jumlah positif Covid-19 pada akhir-akhir ini dan respon masyarakat yang mulai jenuh dibandingkan pada saat awal terjadinya pandemi, “dengan narasumber yang ahli dalam bidangnya harapan bahwa peserta KEF nantinya akan dapat menularkan informasi yang sudah didapatkan dari para ahlinya ke keluarga dan masyarakat sekitar tentang bagaimana kalau kita ingin sehat berdampingan dengan mereka”.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. sekaligus membuka acara KEF-6 secara resmi melalui Zoom Meeting dalam perjalanannya dari UNY menuju ke Gunungkidul, menjelaskan jika saat ini rasa takut sebagian masyarakat sudah mulai hilang, dan aktivitas yang sudah mulai berjalan mendekati normal, jalanan ramai, orang berkerumun, namun sebagian memakai masker dan ada juga yang tidak. “Kita harus bersyukur bisa mengikuti KEF yang ke-6 yang mengambil tema covid-19 dan berbagai pelik-pelik nya yang tadi sudah dijelaskan oleh pak Ketua DPP IKA, bahwa yang akan menjadi pembicara ini adalah para ahlinya, karena itu saya kira akan dikupas secara dalam yang nanti akan berkontribusi untuk dapat disosialisasikan kepada masyarakat. Saya berharap KEF menjadi salah satu forum untuk mengantisipasi berkembangnya atau merebahnya pandemi ini, karena kita benar-benar sangat khawatir, ketakutan, perkembangan ini dari hari ke hari tidak menurun, kadang bertambah atau fluktuatif, diharap bisa ada ide-ide untuk mengurangi atau menghilangkan pandemi. Bismillahirrohmanirrohim dan mohon izin pada Pak Ketua DPP dan seluruh pengurus maka webinar ini saya nyatakan dibuka, terima kasih” tutup Sutrisna.

Dimoderatori oleh Octo Lampito, M.Pd. pemimpin redaksi SKH Kedaulatan Rakyat,  alumnus UNY dan saat ini juga menjabat sebagai Dewan Pertimbangan UNY, memberikan kalimat pembuka tentang keresahannya atas meningkatnya jumlah pasien terpapar Covid-19, dan harapannya bagi peserta seminar untuk dapat menjadi pelopor informasi dari para ahli yang menjadi narasumber kali ini.

dr. Citra Indriani, MPH. sebagai narasumber pertama yang memberikan materi pada KEF ke-6 ini, beliau adalah epidemiolog dari Universitas Gadjah Mada memberikan materi dengan judul “Strategi Memerangi COVID-19”. Memulai narasinya dengan poin utama yang akan dijelaskan “Saya tidak akan terlalu detail tentang virusnya, tetapi lebih kepada apa yang menjadi dasar strategi untuk kita bisa perang melawan Covid, kedua tujuan perang kita apakah menghilangkan covid atau bagaimana nantinya, ketiga tentang rekomendasi strategi yang dimiliki saat ini oleh WHO, keempat strategi di Indonesia dan peran kita semua dalam mendukung hal tersebut”.

Pembicara kedua adalah Dr. dr. Probosuseno, SpPd., K-GER, FINASIM, S.E. ahli Geriatri Universitas Gadjah Mada, materi yang dibawakan tentang bagaimana strategi lansia menghadapi Covid-19. Materi ini cukup menarik, karena alumni tidak hanya yang muda baru lulus dari UNY, namun juga banyak alumni lama yang sudah berumur lansia, “Usia tua yang terpapar berstatus positif Covid-19 itu tidak banyak, masih banyak yang lebih muda, namun jumlah meninggalnya lebih banyak, maka dari itu silakan simak tips berikut, tidur cukup, optimis dan selalu berfikir positif, lakukan olahraga ringan di dalam rumah, makan dengan gizi yang seimbang, dan selalu jaga jarak dengan orang lain”.

Pembicara ketiga, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. ahli fisiologi olahraga dari Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY, dan saat ini menjabat sebagai Ketua LPPM UNY. Materi yang disampaikan yakni, bagaimana cara meningkatakan imunitas daya tahan tubuh di masa Covid-19. “Lebih baik mengantisipasi daripada merehabilitasi, dengan cara mengurangi kebiasaan merokok, menyeimbangkan antara aktivitas fisik dan istirahat yang cukup, memanajemen tingkat stres, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menyeimbangkan kandungan gizi makanan termasuk buah-buahan, dan selalu terapkan pola hidup sehat dalam keseharian”.

Sebagai penutup webinar ini, ada pantun dari moderator Octo Lampito, M.Pd.:
Makan ikan kerapu dalam kamar,
Adaptasi kebiasaan baru bukan berarti normal.
Ke malioboro naik becak puter-puter,
Bro jangan lupa cuci tangan, jaga jarak, dan pake masker .

Bagi yang menginginkan melihat penjelasan seminar ini secara utuh, dapat melihat rekaman webinar ini di YouTube Ikatan Alumni UNY. (pras)