DONOR DARAH DAN PAGELARAN WAYANG TUTUP ACARA PERPISAHAN KKN UNY DI DESA KALIJERING

1
min read
A- A+
read

DONOR DARAH DAN PAGELARAN WAYANG TUTUP ACARA PERPISAHAN KKN UNY DI DESA KALIJERING

Donor darah dan pagelaran wayang kulit semarakan rangkaian acara perpisahan KKN UNY 2019 Desa Kalijering Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Sabtu (19/10/2019). Bertempat di Balai Desa Kalijering, acara tersebut sebagai hasil kerjasama KKN UNY , Karang Taruna Semangat Baru dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Purworejo.

Sebanyak 42 orang mahasiswa KKN di Desa Kalijering yang terbagi menjadi empat kelompok bekerjasama dalam mengadakan acara tersebut. Sebanyak sepuluh kantong darah terkumpul dari acara yang dilaksanakan pukul 08.00-12.00 WIB tersebut. Amin, salah seorang mahasiswa KKN UNY 2019 mengatakan terbatasnya kantong darah yang didapatkan salah satunya karena stok darah golongan B di PMI Purworejo masih banyak sehingga calon pendonor bergolongan darah B diperkenankan untuk tidak mendonorkan darahnya.

Pada malam harinya pentas seni oleh KKN UNY dan pagelaran wayang kulit dengan lakon Gatotkaca Winisudha oleh dalang Ki Totok Teguh Yuwon dihadiri oleh masyarakat Desa Kalijering dan sekitarnya, Camat Pituwuh, serta dosen pembimbing lapangan. Acara tersebut bertempat di Lapnagan Desa Kelijering.

Amin berharap bahwa rangkaian tersebut memberikan hal postif dan edukatif bagi lingkungan masyarakat di Desa Kalijering. “Daerah tempatku KKN rata-rata belum tahu golongan darahnya otomatis belum pernah donor darah dan belum paham pentingnya stok darah kalau ada apa-apa”. Selain itu ia mengatakan bahwa acara seperti pentas seni dan wayangan agar mengembangkan pemahaman pemuda terkait manajemen acara. (Latifah Diah A/JK)