Asesmen Lapangan : Prodi Pendidikan Sosiologi S1 Berharap Unggul

1
min read
A- A+
read

Asesmen Pendidikan Sosiologi

Prodi Pendididkan Sosiologi S1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) pada Senin 31 Oktober menerima  Visitasi Akreditasi Lapangan Prodi S-1 oleh Lembaga Akreditasi Kependidikan (LAMDIK) secara daring (online) melalui aplikasi zoom. Visitasi dilakukan oleh dua asesor  selama dua hari yaitu pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2022. Dua ssesor yang  melakukan asesmen adalah Prof. Dr. Sapriya, M.Ed. (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum. (Universitas Sebelas Maret).

Hadir dari UNY dalam kegiatan Asesmen online ini yaitu Rektor UNY yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (Prof. Dr. Margana, M.Hum, M.A), Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNY, Dekan FIS beserta Para Wakil Dekan, Kajur dan Kaprodi Jurusan S1 Pendidikan Sosiologi dan tim task force penyusun borang S1 Pendidikan Sosiologi.

Profesor Margana ketika memberi sambutan  mengucapkan terimakasih kepaa Lamdik, yang diwakili oleh dua asesor atas kunjungan visitasi di Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY.  Margana berpesan bahwa pentingnya penguatan tim task force dalam penyusunan borang melalui pemberian layanan yang terbaik bagi para mahasiswa serta alumni. Ia juga berharap  para lulusan dari Pendidikan Sosiologi tidak hanya menjadi seorang pencari kerja namun mampu menciptakan lapangan kerja.  “setelah adanya asesmen lapangan ini yang jelas Prodi Pendidikan Sosiologi akan bermetamorfosis lebih baik, sehingga selalu unggul dibanding Prodi Pendidikan Sosiologi di Universitas lain,” papar Profesor Margana.

Margana menambahkan bahwa salah satu bukti UNY konsisten untuk lebih baik dalam segala hal termasuk meningkatkan mutu Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM)  adalah dengan mewajibkan seluruh dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) untuk menempuh studi lanjut tanpa terkecuali. “Jika SDM sudah unggul maka akan menciptakan lulusan yang mempunyai mutu tinggi dan siap bersaing dalam dunia Nasional maupun Internasinal,” ujar Margana.

Mewakili dari tim Asesor, Profesor Sapriya menjelaskan bahwa tugas utama para Asesor adalah melihat serta memantau dan juga mengevaluasi apa yang ada di depan mata. Ia juga mengatakan akan bekerja sama dengan tim task force untuk melengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan. Sapriya berharap asesmen lapangan dapat memperkuat bukti-bukti keunggulan Prodi Pendidikan Sosiologi FIS UNY.

Dalam kegiatan asesmen lapangan yang berlangsung dua hari terlihat seluruh taskforce berkumpul di Ruang Ki Hadjar Dewantara FIS UNY.  Setelah acara penerimaan asesor, kegiatan diawali dengan wawancara asesor dengan pimpinan Fakultas. Hadir dalam wawancara adalah Dekan FIS UNY dan para Wakil Dekan. Mahasiswa, alumni, dan user juga diundang untuk memberikan keterangan kepada para asesor. Asesor juga melakukan kunjungan ke dalam kelas secara virtual untuk melihat pelaksanaan pembelajaran, juga melihat sarana dan prasarana Prodi dan Fakultas secara virtual. Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi Nur Hidayah, M.Si. berharap Prodi Pendidikan Sosiologi akan meraih predikat Unggul. “Semoga akan dapat meraih Unggul. Amin” ucap Nur Hidayah.

Penulis : Khairani Faizah

Editor : Dr. Supardi

IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional