UNY Selenggarakan Global Partnership Fair

1
min read
A- A+
read

Global Internship Fair

Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan Global Partnership Fair yang digelar pada Rabu-Kamis (8-9/11) di Auditorium UNY. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY mewakili Rektor.

Menurut Ketua Panitia Dr. Darmono Global Partnership Fair bukan hanya sebuah pertemuan, tetapi juga merupakan wujud nyata dari semangat kerjasama, keterbukaan, dan sinergi. “Kami telah bekerja keras untuk menghadirkan forum ini, yang memungkinkan kita semua untuk menjalin kemitraan yang berarti dalam rangka mencapai tujuan bersama” kata Darmono. Kegiatan seperti ini adalah saat yang tepat untuk membangun relasi, berbagi ide, dan mengejar solusi yang inovatif. Di dunia yang semakin terhubung dan kompleks, kerjasama lintas sektoral dan antarlembaga menjadi kunci untuk mengatasi tantangan global. Darmono mengajak untuk membuka pikiran, terbuka terhadap ide-ide baru, dan terus berinovasi untuk menciptakan dampak positif. Serta menjadikan forum ini sebagai tempat bertukar gagasan dan pengalaman, serta mencari peluang untuk kolaborasi yang lebih kuat.

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha UNY Prof. Margana mengatakan Global Partnership Fair merupakan wujud dari komitmen universitas kami untuk mempromosikan kerja sama lintas batas, memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan, dan mendorong inovasi dalam pendidikan. Acara ini adalah kesempatan luar biasa bagi semua peserta untuk menjalin hubungan baru, berbagi pengetahuan, dan merangsang kerja sama yang bermanfaat. “Melalui beragam kegiatan dan sesi-sesi yang telah kami siapkan, kami berharap kita semua akan dapat mengeksplorasi peluang-peluang kerja sama yang mendalam, serta memperdalam pemahaman tentang tantangan global yang sedang dihadapi dunia saat ini” ungkap Margana. Wakil Rektor berharap Global Partnership Fair ini akan menghasilkan ide-ide cemerlang dan solusi inovatif yang akan berdampak positif bagi semua.

Pada kesempatan ini hadir beberapa perguruan tinggi dari berbagai daerah. Lima belas perguruan tinggi menandatangani MoU dengan UNY sekaligus mendiskusikan rancangan implementasi kerja samanya. Para utusan perguruan tinggi ini mengikuti sesi-sesi terkait topik-topik yang relevan dengan penelitian, kerja sama, sistem informasi, dan income generating selama dua hari. Global Partnership Fair juga mengadakan pameran UNY Premium Products Fair yang menyajikan produk-produk unggulan UNY. Diharapkan pameran ini dapat menjadi pemantik untuk implementasi kerja sama dengan UNY.

Panel diskusi Global Partnership Fair menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Prof. Dr. Mirwan Ushada, STP, M.App.Life Sc (Director of Research Directorate of Universitas Gadjah Mada),  Prof. Venty Suryanti, M.Phil., Ph. D. (Director of Directorate of Innovation and Downstream of Universitas Sebelas Maret) dan Dr. Ir. Naufal Mahfudz, M.M. (Head of Business, Investment and Waqf Management Board of Institut Pertanian Bogor). Selain itu juga hadir Dr. Junaidi, M.A. (Founder of UI GreenMetric World University Rankings Network/Universitas Indonesia) dan dr. Eniarti., M. Sc., Sp.KJ., M. M. R (Sardjito Central General Hospital) yang memberikan paparannya.

Salah satu peserta Meilani Putri dari SMA 2 Purwakarta merasa senang dengan pameran yang diselenggarakan karena ada stand bagian admisi sehingga bisa mengetahui tentang penerimaan mahasiswa baru. Sedangkan Nurul dari SMK 2 Maarif Sleman yang mencoba simulator berkendara merasa gembira dapat belajar mengendarai mobil walaupun melalui simulator. Siswa jurusan otomotif tersebut berharap agar siswa SMK jurusan otomotif dapat magang dan memperdalam ilmu tentang otomotif di UNY. Guru SMK 2 Maarif Sleman Atik Sunaryanti mengatakan semua stand cukup mengaspirasi dengan hasil produk yang bagus. “Semoga dengan ini anak-anak yang mengunjungi pameran mempunyai wawasan dan harapan masuk ke UNY” katanya.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia