UNY Raih Peringkat 3 Nasional Versi SIR

1
min read
A- A+
read

UNY

Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menembus peringkat 3 perguruan tinggi terbaik nasional dan peringkat 607 dunia dalam pemeringkatan versi Scimago Institution Ranking (SIR) yang diumumkan di situsnya baru-baru ini. Penilaian versi SIR dilakukan setiap tahun dari hasil yang diperoleh selama periode tertentu yang berakhir 2 tahun sebelum pemeringkatan. Tiga indikator utama yang digunakan adalah kinerja penelitian 50%, hasil inovasi 30% dan dampak sosial yang diukur dari visibilitas website perguruan tinggi yang bersangkutan bernilai 20%. Hal yang menjadi penting dalam pengukuran peringkat oleh Scimago Institutions Rankings adalah seberapa banyak paper yang mampu dipublikasikan pada suatu perguruan tinggi. Hal tersebut tentu tidak boleh meninggalkan esensi kualitas dari paper yang dipublikasikan dan tidak hanya terpaku pada jumlah.

Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Prof. Siswantoyo prestasi ini merupakan salah satu hasil dari proses bertransformasi dari semangat gumregah menyongsong perubahan pada paradigma gumregah mencipta perubahan menuju tenar lembagaku sejahtera wargaku. “Hal ini sesuai dengan jargon UNY yaitu unggul kreatif dan inovatif berkelanjutan” kata Siswantoyo, Sabtu (13/8).

Indikator kinerja penelitian versi SIR mencakup normalized impact, excellence with leadership, output, scientific leadership, not own journal, own journal, excelence, high quality publications, international collaboration, open access dan scientific talent pool. Indikator hasil inovasi meliputi innovative knowledge, patents dan technological impact. Sedangkan visibilitas website meliputi altmetrics, inbound links dan web size. (Dedy)