TIM UNY RAIH SILVER MEDAL PADA INTERNATIONAL INNOVATION & INVENTION SHOW POLANDIA

1
min read
A- A+
read

TIM UNY RAIH SILVER MEDAL PADA INTERNATIONAL INNOVATION & INVENTION SHOW POLANDIA

Pandemi Covid-19 tak meredupkan semangat mahasiswa dalam berkompetisi seperti tim mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta yakni Riza Atika (Pendidikan Teknik Mekatronika), Musa Beni Ricardo Aruan (Pendidikan Teknik Mekatronika), Imam Cahyadi (Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika), Rizal (Pendidikan Teknik Elektro) dan Apri Rohmanto (Sastra Inggris angkatan). Mereka menyabet Silver Medal pada bidang Safety/Security/Protection di ajang kompetisi E-NNOVATE International Innovation & Invention Show Poland yang diselenggaran oleh IBS GLOBAL (22-24/06/2021). E-NNOVATE merupakan ajang bergengsi yang diikuti 16 negara dengan 183 inovasi yang berasal dari Eropa maupun Asia. 

Riza menceritakan bahwa pada event ini timnya mengkreasi inovasi berupa ATSARNINGS (Automatic Tsunami Early Warning System) to Mitigate The South Megathrust Zone of Java yakni sebuah alat penyampaian informasi tsunami secara otomatis yang digabungkan dengan toa masjid untuk menyampaikan peringatan potensi tsunami sedini mungkin sehingga masyarakat dapat segera berevakuasi ke tempat yang lebih aman.

Tentang cara kerjanya, Riza menjelaskan bahwa alat dibagi menjadi 2 bagian yaitu server dan client. “Bagian server akan mengunduh data gempa hingga potensi tsunami dari website resmi BMKG, kemudian data diolah dan dikirimkan ke sisi client yang kawasannya berpotensi terdampak tsunami,” terang Riza.

“Kami mengujicoba alat kami di sepanjang kawasan pantai selatan Jawa karena zona ini termasuk kedalam zona megathrust,” beber Riza.

Disinggung tentang event yang diikuti, Riza membeberkan bahwa E-NNOVATE menggabungkan acara inovasi secara nyata dan virtual yang memungkinkan inovator untuk menjangkau audiens yang lebih besar dengan cara yang efektif dan ekonomis melalui Booth Virtual dan Tradisional. E-NNOVATE menjadi ekosistem untuk menciptakan dampak besar di ruang inovasi dengan jangkauan luar biasa yang akan mendorong ide-ide inovatif ke pelosok dunia. (hryo)