Sinergitas UNY dalam Mewujudkan Pendidikan yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan

1
min read
A- A+
read

Bertepatan dengan hari Jum’at, 25 Februari 2022, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ini sebagai tuan rumah Dies Natalis UNY menyelenggarakan Acara Penetapan Panitia dan Peluncuran Agenda Dies Natalis ke-58 di Performance Hall. Kegiatan dihadiri oleh seluruh panitia secara luring, namun menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dies tahun UNY menurut Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum., mengambil tema “Sinergitas UNY dalam mewujudkan pendidikan yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan sebagai investasi Peradaban Bangsa.” Tema ini dilatarbelakangi oleh suatu realita dan kondisi serta kebiasaan baru, seperti hadirnya kebiasaan baru dalam dunia pendidikan, pembelajaran dilaksanakan secara daring, tempat pembelajaran banyak dilakukan di rumah, pemanfaatan internet. Hadirnya banyak aplikasi internet yang digunakan untuk menopang berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, kegiatan Dies ke 58 UNY diharapkan mampu membangkitkan kesadaran, kepedulian dan tanggungjawab civitas akademika UNY khususnya, dan masyarakaat pada umumnya dalam melahirkan kebiasaan baru yang lebih baik.

Harapan Dekan FBS, keberhasilan kegiatan Dies Natalis ke 58 UNY ini adalah hasil kerja bersama seluruh civitas akademika UNY yang didukung oleh stakeholder UNY. “Partisipasi, dukungan, kerja sama dalam mensukseskan berbagai kegiatan sangat kami harapkan,” pinta Sri Harti.

Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. pada sambutannya menyampaikan, “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Baru launching saja sudah seperti dies betulan.” Di samping itu Rektor juga menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini, bertepatan dengan komitmen UNY menuju Perguruan Tinggi Berbadan Hukum yang senantiasa memegang teguh upaya pembangunan sumber daya manusia yang unggul, kreatif dan inovatif yang berkelanjutan melalui tridharma yang berkualitas, tema Sinergitas UNY dalam mewujudkan pendidikan yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan sebagai investasi Peradaban Bangsa sangatlah tepat.

Usai menyampaikan sambutan, Rektor dengan penuh semangat memukul kendang yang menandakan secara simbolis menetapkan panitia dan meluncurkan agenda Dies Natalis ke 58 Universitas Negeri Yogyakarta. Pemukulan kendang diibaratkan UNY sebagai orkestra gamelan yang sarat dengan kompleksitas pola dan strukturnya. Sama halnya dengan UNY yang terdiri atas beberapa fakultas dan program studi dengan berbagai disiplin ilmu dan dipimpin oleh pamurbo irama yang dalam karawitan disebut kendang.

Pemukulan kendang disambung dengan gending Ladrang Wilujeng Laras Pelog Pathet Barang yang secara hermeunetika memiliki tafsir dan makna alunan gending yang disajikan dengan penataan kalimat lagu yang selalu jatuh atau tiba pada saatnya. Memohon keselamatan kepada Tuhan adalah hal yang terpenting dalam gending ini.

Sementara itu, Ketua Dies UNY tahun 2022, Dr. Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putra menyampaikan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis adalah terdapat 43 kegiatan bidang akademik, 13 bidang kesenian, sedangkan bidang olahraga ada 6 kegiatan. Kegiatan sosial meliputi 3 kegiatan, disamping itu terdapat 3 kegiatan yang bersifat upacara yang meliputi peluncuran agenda dies, senam bersama, dan puncak acara dies akan dilaksanakan hari Sabtu, 21 Mei 2022 di Auditorium UNY. Rangkaian kegiatan akan ditutup pada 17 Juni 2022 dengan pembubaran panitia. (Joy Binsud)