PKKMB UNY 2024: Langkah Awal Menuju Mahasiswa Berprestasi

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI menyambut secara daring

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Selasa 6 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal lebih dekat lingkungan akademik dan non-akademik di UNY serta mempersiapkan diri menghadapi perkuliahan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. menyampaikan sambutannya secara daring. Beliau menyampaikan bahwa perkuliahan menjadi masa-masa terbaik untuk menggali potensi dan mencari jati diri. Banyak program dari pemerintah yang dapat diikuti oleh para mahasiswa, seperti program magang, pertukaran pelajar baik dalam dan luar negeri.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. membuka Kegiatan PKKMB di tingkat universitas. “Setiap tahun UNY mahasiswa baru setidaknya berjumlah 15.000 yang terdiri dari sekitar 12.000 mahasiswa baru, 500 sampai 1000 mahasiswa RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau), 2.000 sampai 3.000 mahasiswa Program PPG (Pendidikan Profesi Guru) yang terdiri dari hampir semua provinsi di Indonesia. Kemudian secara khusus program akselerasi lanjutan peningkatan SDM keluarga besar UNY” kata Rektor. Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. juga memberikan apresiasi atas sinergitas dari panitia, petugas, dan mahasiswa baru yang sangat membanggakan. Harapan dari adanya kegiatan PKKMB 2024 ini, mahasiswa baru dapat segera bisa beradaptasi dengan kehidupan kampus. “Semoga seperti yang kita harapkan bersama dengan adanya kegiatan PKKMB adik-adik mahasiswa bisa cepat beradaptasi di kampus ini” tutup Rektor.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Soni Nopembri, M.Pd., Ph.D. mengatakan bahwa kegiatan PKKMB tahun ini diikuti 10.825 mahasiswa baru dari jenjang sarjana dan sarjana terapan. “Dalam rangka mendukung kinerja dan capaian mahasiswa di tingkat Nasional maupun Internasional, UNY melakukan kegiatan pembinaan di tingkat departemen, fakultas, dan universitas melalui organisasi kemahasiswaan dan berbagai kegiatan pendukung agar bisa mencapai prestasi optimal di tingkat Nasional maupun tingkat Internasional” ujar Soni. Rangkaian kegiatan PKKMB diawali dengan kegiatan softskill yang terdiri dari 18 materi,  yang dibagi menjadi 8 materi teori yang disampaikan secara luring di Auditorium UNY dan 12 materi praktek yang dipandu melalui E-learning di B-smart UNY. Kemudian kegiatan dilanjutkan tanggal 7 Agustus 2024, yang disertai pameran prestasi dan layanan kemahasiswaan UNY, agar mahasiswa dapat mengoptimalkan prestasi melalui organisasi mahasiswa. Hingga tanggal 8 dan 9 Agustus 2024 mahasiswa baru akan melaksanakan PKKMB di tingkat Fakultas dan Departemen.

Sejalan dengan visi misi UNY, Prof. Soni Nopembri, M.Pd., Ph.D. menyampaikan bahwa selama mengenyam pendidikan di UNY, seperti organisasi kemahasiswaan, perlombaan, kegiatan merdeka belajar dan berbagai kegiatan akademik maupun non akademik untuk mengoptimalkan potensi dalam diri mahasiswa. “Kegiatan kegiatan ekstrakurikuler disiapkan untuk membentuk soft skills mahasiswa  agar lebih unggul melatih kreatifitas dan membentuk inovasi yang berkelanjutan, Diharapkan mahasiswa baru dapat bersinergi agar dapat berkontribusi nyata pada masyarakat sehingga tercipta generasi muda unggul yang memiliki kreatifitas dan inovasi berkelanjutan dan bermanfaat untuk masyarakat” paparnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen daftar mahasiswa baru dari Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO. kepada Prof. Soni Nopembri, M.Pd., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNY dan membuka secara resmi PKKMB dengan pemukulan gong didampingi para wakil rektor.

Penulis
Bela Juliana
Editor
Dedy
Kategori Humas
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus