PENGURUS BEM LAKUKAN SILATURAHMI DAN AUDIENSI DENGAN REKTOR UNY

1
min read
A- A+
read

BEM AUDIENSI DENGAN REKTOR

Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan silaturahmi sekaligus audiensi dengan Rektor UNY, Profesor Sumaryanto pada Rabu (17/3) di ruang kerja Rektor. Ini adalah pertemuan pertama kali antara pengurus BEM dengan Rektor, mengingat Profesor Sumaryanto adalah Rektor yang baru saja terpilih untuk periode 2021-2025, begitu juga dengan pengurus BEM adalah orang- orang baru untuk periode 2021.

Pengurus BEM yang ikut hadir dalam audiensi kali ini yaitu Muttawakil Hidayatullah sebagai Ketua, Ahmad Amaanullah sebagai Wakil Ketua, dan Putri Prihartini sebagai Admisnistrasi (Sekretaris).

Beberapa hal dibahas dalam audiensi kali ini, antara lain tentang isu kekerasan seksual, persiapan Musyawarah Nasional (MUNAS) BEM Seluruh Indonesia ke XIV yang akan dilaksanakan di Universitas Andalas, Persiapan kegiatan Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada) UNY dan juga membahas tentang persiapan kuliah luring dan pemilihan Wakil Rektor dan beberapa pejabat lainya dalam waktu dekat.

Profesor Sumaryanto ketika membahas tentang isu kekerasan seksual mengatakan bahwa UNY konsisten untuk melindungi siapapun juga baik itu mahasiswa, dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) dari tindakan kekerasan seksual.

“Jika melihat atau menemukan kasus kekerasan seksual yang terjadi dikampus, bisa segera melapor pada Rektor asal disertai dengan saksi serta alat bukti yang kuat,” tegas Sumaryanto.

Sumaryanto juga menambahkan bahwa sangsi tegas juga akan diberikan kepada pelaku jika terbukti melakukan kekerasan seksual mulai dari teguran lisan hingga penundaan kenaikan pangkat.

Untuk kegiatan Ormada yang nantinya lebih banyak menitikberatkan pada sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang bertujuan agar masing- masing mahasiswa dapat menyosialisasikan di daerah asalnya masing- masing, Rektor UNY menyarankan agar pengurus BEM berkerja sama dengan Kantor Layanan Admisi.

Ketua BEM, Mutawakkil Hidayatullah menanyakan apakah dalam pemilihan Wakil Rektor nanti akan ada perwakilan dari mahasiswa untuk dilibatkan sehingga bisa mengetahui dengan jelas proses pemilihan, langsung dijawab dengan tegas oleh Sumaryanto bahwa nantinya perwakilan dari mahasiswa, khusnya ketua BEM bisa bergabung untuk mengikuti rapat- rapat online terkait proses pemilihan Wakil Rektor.

Rektor UNY juga menambahkan bahwa saat ini pihaknya dan beberapa pimpinan terkait sedang konsentrasi untuk mempersiapkan kuliah luring yang rencanya akan dilaksanakan mulai bulan Juli .

“Kami sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk kuliah luring dan memfasilitasi fakultas yang dirasa sudah siap untuk melaksanakan kuliah luring,” jelas Sumaryanto.

Di akhir pertemuan dengan para pengurus BEM, Sumaryanto juga menjelaskan bahwa UNY untuk tahun 2021 ini memiliki beberapa prodi baru antara lain Pengobatan Tradisional Indonesia (D4) dan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S2) yang semuanya berada dibawah Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).  (Khairani Faizah)