PEMETAAN KKN/PK DAN SOSIALISASI PMB UNY TAHUN 2022 DI CIREBON

1
min read
A- A+
read

Sospro UNY

Sebanyak 40 Kepala Sekolah dari SMA/SMK Negeri di bawah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat, hari Senin (20/12) mengikuti Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru dan Pemetaan Praktek Kependidikan dan Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan Universitas Negeri Yogyakarta kerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. menyampaikan, “sesuai arahan Mas Menteri para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, termasuk UNY ini harus memiliki pengalaman di luar kampus. Pada tahun 2020, UNY melaksanakan KKN secara simultan, yang pelaksanaan tidak hanya satu setengah bulan, tetapi satu semester yang dilaksanakan secara daring. Semoga tahun depan kita laksanakan secara luring“.

Lebih lanjut, Margana menyampaikan esensi pendidikan adalah tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga transfer of value, agar kita tidak kehilangan identitas sebagai bangsa Indonesia. Maka jalinan kolaborasi tiga dimensi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap menjadi nafas kami (UNY) dalam rangka memberdayakan potensi masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya provinsi Jawa Barat (Dinas Wilayah X Provinsi Jawa Barat).

Sehingga, “Kami berharap tidak hanya sekedar perjanjian kerjasama (KKN/PK), tetapi kami juga ingin mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru di UNY, yang dari tahun ke tahun UNY diberikan amanah menjadi perguruan tinggi klaster satu dan tahun 2021 ini UNY menjadi urutan 2 di Indonesia pada Liga Perguruan Tinggi BLU, dan dari delapan kategori UNY memperoleh lima medali emas. “

Dra. Hj. Ester Miori Dewayani, M.Pd. selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat menyampaikan, “Berangkat dari keinginan bersama yang mempunyai visi dan misi yang saling menguatkan saling mendorong untuk menjaga marwah pendidikan. Dengan kegiatan ini, merupakan sebuah peluang untuk diskusi ilmu pengetahuan dan berbagai informasi tentang pendidikan. Sehingga kami siap untuk bekerja sama lewat berbagai kegiatan yang tentunya akan memberikan kontribusi di bidang layanan pendidikan“.

Ikut hadir pada kegiatan tersebut, Pengawas Cabang Dinas Wilayah X Provinsi Jawa Barat, Kepala Bappeda Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon. Juga dihadiri Kasi Pelayanan Cabang Dinas Wilayah X Provinsi Jawa Barat.

Kasi Pelayanan Cabang Dinas Wilayah X Provinsi Jawa Barat, Rudiyanto, M.Pd. menyampaikan paparan tentang Pembangunan Pendidikan Jawa Barat Juara Lahir dan Batin, sedangkan Drs. Ngatman, M.Pd. selaku Kepala Unit Layanan KKN-PK UNY menyampaikan paparannya tentang pemetakaan lokasi PK dan KKN. Pada bagian akhir kegiatan ini disampaikan Paparan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2022 oleh Ketua Kantor Layanan Admisi oleh Dr. Setya Raharja, M.Pd. (Sud).