MEMAHAMI PERAN PENTING IBU DALAM KELUARGA DAN MASYARAKAT

1
min read
A- A+
read

Narasumber Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, S.P. OG

Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta (DWP UNY) mengadakan Seminar Nasional pada Rabu (15/12) dalam rangka memperingati hari Ibu yang akan jatuh pada 22 Desember nanti dengan tajuk “Optimalisasi Peran Ibu dalam Pendidikan Keluarga di Masa Pandemi” dengan menghadirkan beberapa narasumber terkemuka yaitu Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, S.P. OG K (Kepala BKBN RI) dan Prof.Dr.dr. BM Wara Kushartanti, MS ( Guru Besar FIK UNY).

Hadir secara luring Ketua Darma Wanita Persatuan UNY, Sulastri Sumaryanto beserta anggota DWP UNY lainya serta turut hadir juga Profesor Sumaryanto (Rektor UNY) beserta jajaran pimpinan di lingkungan UNY, sedangkan peserta yang hadir secara daring yaitu DWP UNY Kampus Gunungkidul,  UNY Kampus Wates serta DWP dari UNESA, UGM, UPN, Semarang serta Banyumas. Total jumlah peserta yang hadir mencapai sekitar 400 orang peserta. Tentu ini sangat luar biasa karena ternyata cukup banyak yang antusias untuk mengikuti jalanya seminar ini.

Ketua Darma Wanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta (DWP UNY) Sulastri Sumaryanto ketika memberi sambutan mengatakan bahwa peran ibu dalam sebuah keluarga sangatlah besar yaitu sebagai pengayom dan pendidik bagi anak- anaknya. Hal inilah yang kadang belum kita sadari, dan diharapkan lewat seminar ini kaum perempuan akan menyadari peranya serta bisa mengimplementasikan dalam kehidupan nyata.

Salah satu Narasumber yaitu dr. Hasto Wardoyo menjelaskan bahwa peran perempuan terutama dimasa pandemi seperti saat ini sangatlah besar, mulai dari mengurus pekerjaan rumah tangga, mengasuh anak, membeli kebutuhan rumah tangga sampai mengingatkan untuk selalu hidup sehat, mengingatkan beribadah dan berdoa serta mengingatkan untuk berfikir dan berperilaku positif. “Bahkan seorang ibu dimasa pandemi ini mendapatkan tugas tambahan yaitu mengajar anak- anak mereka yang masih sekolah online dari rumah, “ ujar Hasto.

Hasto Wardoyo juga menambahkan bahwa peran wanita terutama seorang ibu dalam menjaga kesehatan keluarga sangatlah besar, dimana dimasa pandemi ini banyak orang yang rentan mengalami stress karena berbagi hal seperti kehilangan pekerjaan atau pendapatan yang berkurang,  disini peran wanita untuk tetap menjaga kesehatan mental anggota keluarganya sangat dibutuhkan.

Dr. Wara Kushartanti ketika memaparkan materinya menyebutkan bahwa sebagai ibu ada beberapa hal yang wajib kita lakukan untuk memastikan kesehatan seluruh anggota keluarga terlebih dimasa pandemi yang belum berakhir ini antara lain rutin melakukan atau mengingatkan seluruh anggota keluarga untuk melakukan cek kesehatan, mengajak serta seluruh anggota keluarga untuk rajin berolahraga serta menyediakan makanan yang bergizi serta memastikan mereka beristirahat dengan cukup.

Akhir dalam rangkaian acara seminar ini adalah pengumuman pemenang lomba Shibori  yaitu juara Harapan 2 (LPMPP), juara Harapan 1 (Fakultas Teknik), Juara 3 ( LPPM), Juara 2 (FBS) dan juara 1 (FIK). (Khairani Faizah)