MAHASISWA UNY TERPILIH SEBAGAI DUTA BAHASA DIY

1
min read
A- A+
read

MAHASISWA UNY TERPILIH SEBAGAI DUTA BAHASA DIY

Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni UNY Melvine Sekar Ayu Utami Wijaya terpilih sebagai juara pertama Pemilihan Duta Bahasa Balai Bahasa DIY 2021 yang dihelat awal Oktober 2021 di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan agenda dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Alumni SMAN 1 Pajangan Bantul tersebut mengalahkan 15 finalis  terseleksi dalam tes program kerja kebahasaan, uji bakat, kemampuan berbahasa asing serta penulisan artikel.

Warga Kauman, Gilangharjo, Pandak, Bantul tersebut mengaku agak terkejut ketika terpilih menjadi juara 1 untuk mewakili Provinsi DIY di tingkat nasional. “Saya yang tidak pernah berkecimpung di dunia kepenulisan diberi amanah rasanya campur aduk, tetapi dari sini saya belajar untuk bertanggung jawab menjalankan program kerja saya” kata Melvine, panggilan akrabnya.  Putri pasangan Michael Damar Bagus Wijaya dan Parmi Djana tersebut mengaku persiapan yang dilakukan hampir sama dengan peserta yang lain, namun ditekankannya bahwa  niat awal untuk mengikuti pemilihan ini adalah untuk belajar hal baru terutama di bidang literasi. Gadis kelahiran Tangerang, 7 Desember 2001 tersebut mengaku setelah terpilih harus mampu menjadi role model yang baik dalam penggunaan bahasa.  Selain menjuarai Duta Bahasa, anggota Paduan Suara Mahasiswa Swara Wadhana UNY tersebut juga pernah berprestasi sebagai Juara 4 Baca Geguritan Tingkat Kabupaten Bantul, Juara 2 Macapat Tingkat Kabupaten Bantul dan Juara 4 Macapat Tingkat Propinsi Yogyakarta saat duduk di bangku SMA. Sebuah prestasi yang luar biasa mengingat dia bukan asli dari Bantul melainkan lahir dan besar di Tangerang.

Mengutip dari laman Balai Bahasa DIY, Kepala Balai Bahasa Provinsi DIY, Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum, mengatakan bahwa pemilihan Duta Bahasa DIY tahun ini mengusung konsep #generasiunggul #generasikreatif #generasiberbudaya. “Meski dalam situasi pandemi, Balai Bahasa Provinsi DIY tetap berusaha menyiapkan kawula muda yang memiliki wawasan, konsep, dan keterampilan berbahasa dan bersastra untuk menyukseskan gerakan literasi” kata Imam Budi Utomo. Harapannya, Duta Bahasa terpilih di tahun ini dalam menjadi penggerak literasi dan mitra kerja Balai Bahasa Provinsi DIY dalam pemasyarakatan bahasa dan sastra di masyarakat DIY. Juri kegiatan ini adalah Drs. Herry Mardiyanto, Dr. Ayu Cornellia, B.A., M.Si., dan Latief Noor Rochman. Ketua Panitia Ahmad Zamzuri menyampaikan bahwa seluruh pemenang ini akan menjadi pelopor dalam mengemban tiga tugas prioritas sebagai Abdi Bahasa untuk kegiatan pengembangan dan peningkatan budaya literasi masyarakat, jaga bahasa untuk mengkampanyekan penggunaan bahasa di ruang publik dan niaga bahasa untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi kebahasaan dan kesastraan dalam bentuk produk niaga, kelas bahasa asing, seminar, serta pameran kebahasaan dan kesastraan. Hal ini sesuai dengan upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan kesetaraan gender. (Dedy)