Mahasiswa Tunarungu Berhasil Lulus Ujian Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa

1
min read
A- A+
read

Sari bersama para dosen

Onten Purbasari, mahasiswa penyandang disabilitas tunarungu berhasil mempertahankan skripsinya yang berjudul Pembelajaran Seni Rupa dan Karakteristik Karya Seni Rupa Siswa Tunarungu SLB Ma’arif Muntilan di hadapan penguji sidang tugas akhir pada tanggal 14 Juni 2023. Sari, panggilan akrabnya merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya UNY angkatan 2019. Sari mempresentasikan hasil penelitian dan menjawab pertanyaan penguji menggunakan bahasa isyarat di depan dewan penguji yang terdiri dari Eni Puji Astuti, S.Sn., M.Sn., Rony Siswo Setiaji, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Zulfi Hendri, S.Pd., M.Sn. Selama proses ujian Sari didampingi oleh Khairil Mursyidin, mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa yang diberi tugas oleh Pusat Disabilitas UNY untuk menjadi penterjemah bahasa isyarat.

Eni Puji Astuti, S.Sn., M.Sn. selaku pembimbing menyatakan bahwa Sari merupakan mahasiswa yang bersemangat dalam bimbingan. Pada awal penulisan, hasil tulisan masih belum bagus karena banyak kalimat yang belum sesuai pedoman penulisan ilmiah. Namun, Sari tidak putus asa untuk terus memperbaiki tulisannya agar menjadi lebih baik. Sari mempunyai motivasi yang tinggi untuk menunjukkan bahwa guru seni rupa bagi siswa tuli harus memiliki kompetensi yang baik dalam komunikasi serta mempunyai variasi beragam metode mengajar dan wawasan berkarya seni. Lebih lanjut, Eni mengatakan bahwa Sari juga sejak awal masuk kuliah mempunyai cita-cita untuk menjadi guru seni bagi anak tuli dan ingin memotivasi siswa tuli yang senang menggambar dan menjadikan menggambar itu menyenangkan.

Dr. Ishartiwi, M.Pd. selaku ketua Pusat Disabilitas UNY menyatakan bahwa keberhasilan Sari menyelesaikan tugas akhir skripsi menunjukkan bahwa UNY memberikan layanan pendidikan inklusi bagi mahasiswa disabilitas, hambatan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas tidak menjadi halangan dalam mengikuti pendidikan di UNY pada semua program studi. Ishartiwi menyatakan bahwa Pusat Disabilitas siap mendampingi mahasiswa disabilitas dalam proses pendaftaran sampai dengan menyelesaikan pendidikan di UNY. Saat ini, Pusat Disabilitas UNY juga sedang melakukan pendampingan penyelesaian tugas akhir untuk mahasiswa disabilitas intelektual di Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Penulis: Atien Nur Chamidah

Editor: Dedy

IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak