Kuliah bersama Praktisi untuk Program RPL Desa Kab. Bojonegoro

1
min read
A- A+
read

Kuliah RPL

Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta baru saja menyelenggarakan kuliah bersama praktisi program RPL Kabupaten Bojonegoro. Kuliah bersama praktisi ini bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kuliah bersama praktisi diselenggarakan dengan tujuan memberikan pendalaman materi kepada para mahasiswa terkhusus mahasiswa program RPL Kabupaten Bojonegoro Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam kegiatan kuliah bersama praktisi dihadiri langsung oleh mahasiswa program RPL Kabupaten Bojonegoro dan juga mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2020 dan 2021. Kuliah bersama praktisi ini berlangsung secara daring melalui platform zoom meeting dalam waktu tiga hari, mulai hari Senin 18 Juli 2022 hingga hari Rabu 20 Juli 2022. Kegiatan kuliah bersama praktisi ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sesuai dengan surat edaran dari Ditjen Dikti yang menganjurkan perguruan tinggi untuk mengundang praktisi sebagai narasumber dalam kegiatan di kampus.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Ibu Nur Hidayah, M.Si. mengatakan bahwa kuliah bersama praktisi ini dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan tambahan ilmu kaitannya dengan ilmu-ilmu sosial. Selain itu, kegiatan menghadirkan praktisi juga diharapkan dapat memberikan pengalaman yang luar biasa kepada para mahasiswa untuk dapat mengidentifikasi dan menganalisis terkait dengan kajian-kajian sosiologi. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Pendidikan Sosiologi juga berharap agar mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dari awal hingga akhir kegiatan.

Di hari pertama, kuliah bersama praktisi dilaksanakan pada Senin 18 Juli 2022 pukul 15.30-17.00 WIB dengan tema: Riset Berbasis SDGs Desa dalam Aspek Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dengan narasumebr Dr. Suprapedi, M.Eng.Sc Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Kesejahteraan Sosial, Desa dan Konektivitas Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia. Penyelenggaraan kuliah bersama praktisi pada hari pertama ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran terkait dengan tema-tema penelitian yang berkaitan dengan SDGs Desa yang dapat digunakan sebagai tugas akhir para mahasiswa terkhusus mahasiswa program RPL Kabupaten Bojonegoro.

Kemudian kuliah di hari kedua dilaksanakan pada hari Selasa 19 Juli 2022 pukul 15.30-17.00 WIB dengan mempelajari tentang Profil Kepala Desa dan Perangkat Desa sesuai dengan Aspek Pendidikan Karakter, Etika, Politik Demokrasi dan Masyarakat Sipil bersama dengan Dr. Sugeng Hariyono, M.Pd. yang merupakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Dalam kuliah kali ini para mahasiswa diberikan pemahaman dan gambaran mengenai karakter dan etika yang harus dimiliki sebagai calon pemimpin bangsa kaitannya dengan politik dan demokrasi dalam masyarakat.

Dan di hari terakhir pada Rabu, 20 Juli 2022 pukul 15.30-17.00 WIB kuliah bersama praktisi dilaksanakan dengan pokok bahasan mengenai Tren Kajian Sosial di Pedesaan dengan narasumber Katiman Kartowinomo, Ph.D. selaku Asisten Deputi Revolusi Mental Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai kajian-kajian sosial yang saat ini tengah marak dan menjadi tren di kalangan masyarakat desa untuk dapat diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan konsep-konsep sosiologi pedesaan.

Dengan diselenggarakannya kuliah bersama praktisi selama tiga hari berturut-turut, diharapkan dapat memberikan manfaat dan tambahan ilmu bagi para mahasiswa baik mahasiswa program RPL maupun mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Disamping itu, kuliah bersama praktisi ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan para mahasiswa dalam membangun nalar kritis yang berkaitan dengan kajian-kajian ilmu sosial terutama yang berkaitan dengan sosiologi (Dwi Agustina)

MBKM
IKU
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus