GEDUNG IKA UNY DIRESMIKAN, LAYANAN IKA UNY MENEMPATI GEDUNG BARU

1
min read
A- A+
read

GEDUNG IKA UNY DIRESMIKAN

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (IKA UNY) sekarang memiliki gedung yang representatif dapat digunakan multifungsi. Hari ini Senin (7/9) gedung tersebut diresmikan yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan penguntingan buntalan pita bunga oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. dan Ketua DPP IKA UNY, Prof. Suyanto, Ph.D. Peresmian dihadiri oleh para Rapim, Pejabat Struktural, Pengurus DPP, DPD, DPC IKA UNY, , Pewarta, dan tamu undangan lainnya.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Edi Purwanto, M.Pd. bahwa pembangunan gedung ini selesai dan bisa digunakan di tahn 2020. Pembangunan dikerjakan dalam 3 tahap, yaitu tahap 1 dikerjakan di tahun 2018 oleh PT Matra Karya dengan nilai Rp.10.278.013.000,- tahap II dikerjakan di tahun 2019 oleh PT Matra Karya degan nilai Rp.15.392.445.000,- tahap III dikerjakan tahun  ini (2020) oleh CV Prima Karsa dengan nilai Rp.3.415.497.000,- Sehingga total nilai pembangunan sebesar Rp.29.085.955.000,- nilai tersebut sudah termasuk perencana/arsitek dan pengawasan. Untuk perencana pembangunan atau desai arsitek dikerjakan oleh CV Arupadhatu Kreasitama, sedangkan untuk pengawasan pembangunan dikerjakan oleh PT Elcentro Engineering Consultan.

Sedangkan Prof. Suyanto, Ph.D. dalam sambutannya mengatakan, “Gedung ini sangat multi guna, didesain untuk kegiatan ilmiah terdapat ruang conference, kegiatan budaya berupa pameran seni dan budaya, promosi bisnis, juga tentu saja untuk kegiatan mantenan. Di lantai paling atas bisa digunakan untuk ruang makan-makan”

“Hari ini saya sangat bahagia dan senang sekali karena gedungnya selesai, yang kedua DPP IKA UNY berbangga sekali, mulai bulan September ini menginfakkan salah satu alumninya Sutrisna Wibawa - Kadhung Trisna untuk masyarakat kabupaten Gunungkidul, dengan harapan masyarakat Gunungkidul, DPD IKA Gunungkidul dapat memanfaatkan infak saya ini.”harap Suyanto.

Sementara Rektor UNY dalam sambutanya juga melaporkan beberapa capaian UNY yang perlu diketahuai para alumni, antara lain, “Di tingkat nasional UNY masuk di klaster I yaitu klaster unggul menempati posisi 12 dari 15 PT, di tingkat Internasional berada di peringkat 450 untuk tingkat Asia kategori QS. Pemeringkatan UniRank, UNY masuk 10 tingkat Asia Tenggara, sedangkan di tingkat nasional masuk 5 besar.“

Selanjutnya, “Tentu Visi UNY menjadi universitas unggul pada tahun 2025, dengan indikator masuk pada WCU masuk di 500 besar dunia dengan subject education, mudah-mudahan tahun ini menjadi landasan yang kokoh untuk mencapai visi tahun 2025. Sehingga tugas Rektor berikutnya adalah bagaimana mewujudkan 500 besar dunia dalam subject education. Kita harus memprioritaskan riset-riset, artikel-artikel di bidang pendidikan, karena kita trademake unggul di bidang pendidikan,’ jelas Sutrisna.

Rektor juga menyampaikan capaian UNY lainnya secara sepotong-potong, yaitu, “Untuk bidang kinerja kemahasiswaan UNY masuk peringkat 4 besar nasional mempertahankan tahun 2019 kemarin, bidang Laporan Akuntabilitas Kinerja UNY masuk diperingkat 2 nasional, bidang keuangan khususnya bidang BLU masuk peringkat 3 nasional, jurnal cakrawala pendidikan tahun 2019 jurnal terbaik tingkat nasional dan masuk indeks bereputasi scopus. Diberbagai event kegiatan kemahasiswaan sudah biasa masuk juara, bahkan PIMNAS masuk 7 besar nasional, paduan suara masuk juara umum di Hongkong, dan lain sebagainya. Sehingga slogan prestasi tiada henti memang perlu dipertahankan.”

Pada bagian akhir, “Inilah prestasi-prestasi UNY yang bisa diikuti berita-berita, di medsos atau lewat berita harian cetak maupun elektronik, dll. Yang jelas percayalah UNY selalu  mengembangkan keunggulan untuk mencapai prestasi yang lebih baik,”Sutrisno dalam sambutannya. (Sud).