Coaching Clinic S2 PTK dengan Prof. Ferry Jie

1
min read
A- A+
read

Coaching clinic

Dalam tiga pekan terakhir, setiap hari Selasa, mahasiswa Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (S2 PTK) UNY berkesempatan mengikuti bimbingan singkat membuat karya tulis ilmiah dengan Prof. Ferry Jie dari Edith Cowan University, Australia. Prof. Ferry Jie sendiri merupakan peneliti aktif yang dari tahun 2015 hingga sekarang telah menerbitkan lebih dari 50 artikel jurnal bereputasi diantaranya terindeks Scopus Q1 dan Q2 serta makalah konferensi yang direferensikan. Pertemuan yang dilaksanakan secara daring ini difasilitiasi oleh Prof. Putu Sudira, M.P. selaku Kepala Program Studi S2 PTK.

Pemaparan terkait penulisan artikel yang disampaikan oleh Prof. Ferry bersifat berjenjang setiap minggunya. Minggu pertama Prof. Ferry memaparkan tentang bagaimana strategi dan taktik menerbitkan jurnal internasional berjenjang teratas (Scopus Q1 dan Q2). Minggu kedua, dipaparkan bagaimana cara membuat artikel yang bermutu dan dapat dipublikasikan oleh jurnal bereputasi dari hasil riset yang telah dilakukan. Minggu ketiga Prof. Ferry menjelaskan bagaimana melakukan submit artikel dengan struktur yang baik disertai dengan cover letter.

Selain pemaparan, Prof. Ferry juga memberi pengalaman praktik langsung ke mahasiswa dengan membagi menjadi kelompok kecil untuk berlatih. Minggu pertama, Kelompok kecil diminta memilih memilih topik utama yang akan dibahas beserta kata kunci yang menyertai sehingga dapat membangun judul dari topik dan kata kunci tersebut. Minggu kedua, mahasiswa diminta untuk berlatih melakukan sitasi artikel terindeks Scopus Q1, Q2 sebagai referensi. Minggu ketiga, mahasiswa diminta untuk merangkai rangkuman yang relevan dari literature review yang telah disitasi sebagai paragraf pembuka artikel. Hasil diskusi kemudian dipresentasikan dan setiap presentasi diberikan tanggapan oleh Prof. Ferry.

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu persyaratan kelulusan yang bersifat wajib bagi mahasiswa tingkat Magister di UNY. Makalah yang dipersyaratkan pun harus diterbitkan oleh jurnal terindeks minimal SINTA 2 atau jurnal terbitan internasional. Tips agar berhasil membuat karya tulis ilmiah yang baik dari Prof. Ferry yakni dengan banyak membaca minimal 25 buah artikel jurnal terkait dan sesuai dengan bahasan topik. Di akhir pertemuan, Prof. Putu berharap agar mahasiswa dapat berkolaborasi dengan Prof. Ferry dalam membangun hingga menerbitkan artikel pada jurnal bereputasi Scopus Q1 atau Q2. (Juliandarini/ant)

 

IKU
IKU 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif