ASESOR BAN-PT KUNJUNGI D4 MANAJEMEN PEMASARAN SECARA VIRTUAL

1
min read
A- A+
read

ASESOR BAN-PT KUNJUNGI D4 MANAJEMEN PEMASARAN SECARA VIRTUAL

Pintu sukses (dalam suatu bisnis) itu salah satunya adalah dengan bagaimana kita memaksimalkan marketing/pemasaran; bagaimana kita mengoles, memasarkan kemampuan kita. Barang yang terlihat biasa, harus kita poles supaya value-nya bertambah sehingga khalayak luas bisa memanfaatkan. Demikian disampaikan Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto dalam sambutannya membuka acara Asesmen Lapangan Program Studi D4 Manajemen Pemasaran di Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Senin (28/6) lalu.

Dalam asesmen lapangan yang dilaksanakan secara virtual ini, Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengutus Prof. Dr. R. Andi Sularso, S.E., M.S.M. dari Universitas Jember dan Dr. Vera Pujani, S.E., M.M.Tech, dari Universitas Andalas sebagai asesor. Selama dua hari Senin dan Selasa (28-29/6) kedua asesor tersebut bertugas mendapatkan dan mengonfirmasi data dari prodi vokasi ini.

Sumaryanto melanjutkan, prodi D4 Manajemen Pemasaran sebagai bagian dari FE UNY diharapkan secara aktif-proaktif bisa meningkatkan eksistensinya. “Dengan masukan-masukan dari asesmen lapangan ini nantinya, semoga prodi ini bisa makin berkontribusi bagi negara dan masyarakat,” tambahnya.

Vera menyampaikan maksudnya sebagai asesor adalah sebagai perwakilan dari BAN-PT melakukan akreditasi sebuah program studi. “Kami mengklarifikasi, mengkonfirmasi berbagai data, capaian, dan pernyataan yang ada pada program studi secara khusus dan juga fakultas secara umum,” jelasnya.

“Kami juga adalah kolega Bapak-Ibu; sebagai dosen. Pada prinsipnya masalah yang Bapak-Ibu temui, bisa jadi kami temui juga di tempat kami. Jadi, bukan hal yang asing seandainya masih ada persoalan-persoalan yang kita dapatkan selama perjalanan program studi ini,” imbuhnya.

Sementara Andi menjelaskan bahwa sejak 2020 lalu BAN-PT mengubah kategori peringkat akreditasi. “Sesuai peraturan BAN-PT No.1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditas BAN-PT, predikat akreditasi menjadi ‘Unggul’, ‘Baik Sekali’, dan ‘Baik’,” terangnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FE UNY Prof. Setyabudi Indartono, Ph.D. mengenalkan FE UNY sebagai fakultas yang masih berkembang. “Fakultas Ekonomi adalah fakultas termuda di UNY, tetapi sejauh ini sudah berusaha keras berlari untuk mengejar. Kami mencoba fokus pada indikator-indikator yang ada di berbagai perangkingan, termasuk di antaranya QS dan dari kementerian,” tegasnya.

Dekan Dr. Siswanto, M.Pd. mengucapkan apresiasi atas kunjungan asesmen lapangan ini meskipun secara virtual. “Terima kasih kami haturkan kepada kedua asesor. Hasil rekomendasi akan kami jadikan referensi dalam pengembangan program vokasi kami sehingga bisa menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat,” kesannya. Asesor berkesempatan mengunjungi secara virtual berbagai fasilitas di kampus FE UNY dan juga secara khusus pada prodi D4 Manajemen Pemasaran, serta berjumpa dengan dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan di prodi secara virtual. (Humas FE)