ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI TATA RIAS DAN KECANTIKAN SARJANA TERAPAN

1
min read
A- A+
read

ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI TATA RIAS DAN KECANTIKAN SARJANA TERAPAN

Program Studi Tata Rias dan Kecantikan Sarjana Terapan (D4) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi baru-baru ini. Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut adalah Dr. Trisnani Widowati, M.Si., dari Universitas Negeri Semarang dan Dra. Sachriani, M.Kes., dari Universitas Negeri Jakarta. AL diawali dengan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.

Ia berharap kegiatan AL ini dapat memberi pencerahan terutama dalam memajukan mutu layanan Program Studi Teknik Rias dan Kecantikan. “Kinerja kemahasiswaan UNY selama beberapa tahun belakangan ini telah banyak didukung oleh mahasiswa dari prodi Tata Rias dan Kecantikan yang menorehkan berbagai prestasi baik dari level nasional maupun internasional.” ungkapnya.

Sumaryanto menekankan bahwa UNY terus berkomitmen untuk menuju PTNBH dan salah satu komponen utamanya adalah kemandirian. “Untuk mendukung itu maka semangat kewirausahan terus digalakkan di UNY dengan model Bela-Beli UNY dan kami mendorong agar warga internal kampus juga dapat memanfaatkan jasa yang disediakan Prodi Tata Rias dan Kecantiakan seperti potong rambut maupun riasan wajah,” imbuh Rektor UNY.

“Kami terus all out untuk memajukan pedidikan vokasi salah satunya sesuai arahan Ditjen Vokasi dimana nantinya secara pengelolaan akan tersentralkan di Kampus Wates dan Gunungkidul dimana kini pembangunan fasilitas lab dan bengkel terus kami genjot,” ujarnya.

Dr. Trisnani Widowati, M.Si. dalam sambutannya meyakini bahwa UNY telah melakukan banyak hal demi memajukan kualitas pendidikan utamanya di Prodi Tata Rias dan Kecantikan. “Kehadiran kami disini meskipun secara daring lebih kepada mengecek atas data yang dikirimkan dan harapanya selama proses ini akan memberikan kontribusi bagi kemajuan prodi yang bersangkutan serta selama dua hari ini lebih pada silaturahmi untuk bersama-sama tujuannya untuk mencerdaskan anak bangsa,” lanjutnya

Dra. Sachriani, M.Kes menambahkan bahwa proses asesmen ini untuk memotret dan menggali informasi tentang data serta sarana inprasarana yang telah dimiliki Prodi Tata Rias dan Kecantikan. “Saya rasa UNY juga telah berkembang dengan pesat dengan saah satu bukti adanya prodi D4 ini,” tuturnya

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dalam presentasinya kembali menekankan bahwa Program Studi Tata Rias dan Kecantikan Sarjana Terapan (D4) merupakan pengembangan dari (D3) Teknik Rias dan Kecantikan berdasarkan lampiran Surat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. B/185/C. Ca/KB.01.00/2019 tentang Penugasan Perubahan Program Studi Program Diploma III menjadi Sarjana Terapan di Perguruan Tinggi untuk menguatkan jenjang pendidikan vokasi terhadap tantangan industri masa depan.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. Seluruh tahapan kegiatan ini tentu sangat relevan dengan pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan UNY dalam bidang pendidikan bermutu. (hryo)