Yudisium Pendidikan Profesi Guru UNY

1
min read
A- A+
read

Rektor menyerahkan sertifikat

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan yudisium Pendidikan Profesi Guru (PPG) secara daring dan luring di Auditorium, Rabu (7/2). Direktur Direktorat Pendidikan Profesi dan Kompetensi (PPK) UNY Prof. Erwin Setyo Kriswanto mengatakan yudisium PPG diikuti 1103 orang dari lulusan UKMPPG Periode IV tahun 2023. “Peserta PPG Dalam Jabatan Angkatan I Kategori Guru Penggerak sebanyak 304 orang, PPG Dalam Jabatan Angkatan I Kategori I Tahun 2023 sebanyak 539 orang dan Retaker tahun 2020-2022 sebanyak 260 orang” kata Erwin Setyo Kriswanto. Peserta yudisium yang diundang secara luring 346 orang dan secara daring 757 orang. Sebaran peserta yudisium berasal dari 34 bidang studi pada 266 kabupaten/kota di 32 provinsi.

Rektor UNY Prof. Sumaryanto berharap agar sertifikat profesi yang telah diperoleh dapat membawa sukses dunia dan akhirat. “Ibarat padi semakin berisi semakin menunduk. Lebih istiqomah, lebih menghargai dan lebih menghormati pada semua insan dengan predikat yang telah diraih” kata Rektor. Peserta yang berasal dari 32 provinsi merefleksikan bahwa alumni UNY ada dimana-mana. Rektor juga menawarkan pada mahasiswa PPG untuk studi lanjut S2 atau S3 sebagai komitmen sebagai alumni UNY karena pendidikan merupakan investasi peradaban. Rektor juga mengajak untuk studi wisata bagi siswa, guru atau alumni di sekolah masing-masing ke UNY yang sudah menjadi destinasi wisata akademik, bisa ke fakultas, departemen atau yang lainnya. Juga untuk publikasi karya ilmiah bisa ke UNY yang telah memiliki 76 jurnal dan siap melayani alumni. UNY juga membuka diri untuk penelitian bersama atau pengabdian masyarakat.

Singgih Wahyu Jatmiko, perwakilan mahasiswa PPG menyampaikan terimakasih pada UNY yang telah memberi sebuah ruang belajar untuk berkreativitas dan berkarya guna berperan serta untuk memajukan negeri, mendalami keilmuan untuk mencari potensi yang ada didalam diri dan merancang agar potensi tersebut dapat berbuah sesuai dengan harapan menjadi guru professional. “Yudisium ini bukan hanya merupakan momen suka cita atas selesainya masa studi kita namun juga merupakan momen untuk merefleksi diri bahwa tanggung jawab kita setelah ini bukan hanya untuk mensejahterakan diri sendiri namun juga mengemban misi dengan meningkatkan profesionalisme sebagai guru serta meningkatkan kualitas pembelajaran kepada anak didik sehingga menghasilkan generasi berkarakter dan generasi emas” kata alumni prodi Bimbingan dan Konseling tersebut. Singgih berharap Universitas Negeri Yogyakarta selalu meningkatkan kualitas dan kinerja agar mampu mencetak tenaga pendidik yang berkualitas dan bermartabat serta semakin meningkatnya atmosfer pendidikan di lingkungan kampus. Sehingga suatu saat akan terlihat setiap sudut lingkungan kampus dan ruang-ruang kelas diwarnai oleh perdebatan-perdebatan maupun diskusi-diskusi ilmiah yang akan membekali mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik yang tangguh dan penuh dengan ide-ide yang cerdas.

Peserta yudisium PPG Anna Dwi Andhiyani merasa gembira dapat menyelesaikan PPG dan berharap segera kembali ke sekolah untuk mengajar. Guru SD di Pirikan Magelang tersebut berharap agar sertifikat PPG yang dimilikinya bisa meningkatkan kompetensi yang dimilikinya sekaligus dapat untuk menyekolahkan anak.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU
IKU 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak