Workshop Implementasi Kerjasama UNY Dengan Sekolah Swasta

1
min read
A- A+
read

Workshop

Universitas Negeri Yogyakarta mengundang 50 sekolah dalam rangka workshop evaluasi implementasi kerjasama antara UNY dengan sekolah swasta di Hotel UNY, Jumat (22/3). Sekolah yang diundang meliputi TK, SD, SMP, SMA dan SMK swasta se-DIY.

Sekretaris DKSIIU UNY Supriyanto, MM mewakili Wakil Rektor Bidang RKSIU UNY menyatakan bahwa evaluasi kerjasama ini terutama di bidang pengalaman kependidikan walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk bidang lainnya. “Pentingnya evaluasi adalah untuk memonitor apa yang telah berjalan selama setahun ini dan permasalahan yang ada. Dalam pertemuan ini kita selesaikan masalah yang ada dan yang baik bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan” kata Supriyanto. Harapannya di tahun yang akan datang kerjasama akan semakin baik dan bisa diperluas jangkauannya pada hal lain.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi intensif antara sekolah dan UNY yang dimoderatori oleh Staf Ahli WR RKSIU Dr. Nunik Sugesti. Implementasi kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan sekolah swasta dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, diantaranya Praktik Kependidikan (PK), Penelitian dan Pengembangan, Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Guru, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) serta Pemanfaatan Fasilitas.

Mahasiswa UNY dari berbagai program studi Pendidikan dapat melaksanakan Praktik Kependidikan (PK) di sekolah-sekolah swasta mitra. Kegiatan PK ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku perkuliahan dalam situasi nyata di sekolah. UNY dan sekolah swasta juga dapat berkolaborasi dalam penelitian dan pengembangan bidang pendidikan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan seminar, workshop, ataupun penelitian bersama. UNY juga dapat memfasilitasi pelatihan dan peningkatan kapasitas guru di sekolah swasta. Pelatihan ini dapat meliputi berbagai bidang, seperti pedagogi, teknologi pendidikan, dan manajemen pembelajaran. Selain itu UNY dapat menyelenggarakan program PKM di sekolah swasta. Program ini dapat berupa kegiatan penyuluhan, workshop, ataupun pendampingan dalam bidang pendidikan. UNY dan sekolah swasta dapat saling memanfaatkan fasilitas yang dimiliki, seperti perpustakaan, laboratorium, dan ruang kelas.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus