UNY Perkuat Kolaborasi dengan University of Ulsan, Korea

1
min read
A- A+
read

Kerjasama dengan Ulsan University

Delegasi Universitas Negeri Yogyakarta yang dipimpin Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Siswantoyo melakukan diskusi akademik dengan University of Ulsan, Korea. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka penguatan implementasi kerja sama dengan salah satu universitas terkemuka di Korea belum lama ini. Delegasi berangkat menuju Ulsan dengan menggunakan kereta cepat (KTX) sejak pukul 05.00 pagi waktu Korea.

Tim UNY tiba di Ulsan pada 07.26 waktu setempat sebagaimana jadwal yang diagendakan, dan melakukan perjalanan darat sekitar 35 menit menuju lokasi. Disambut hangat oleh Prof. Shin yang merupakan kepala kantor Internasional University of Ulsan. “Kehadiran UNY di Ulsan membawa angin segar untuk memperluas implementasi kerja sama, khususnya penelitian dan studi lanjut” ujarnya. Sementara dalam kesempatan yang sama, Prof. Siswantoyo menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dalam bentuk studi lanjut S2 dan S3 bagi mahasiswa UNY. Turut membersamai pada lawatan ini mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh jenjang pendidikan tinggi S2 dan S3 pada departemen teknik mesin. University of Ulsan sangat terbuka melaksanakan implementasi kerja sama, khususnya dalam bidang penelitian dan pengembangan vessel hydrogen, pengembangan bio fuel LPG dan bensin, rapid combustion engine, dan motor listrik. Ujar Prof. LIM, selaku Dekan Departemen Teknik Mesin.

Disisi yang lain, Dekan Fakultas Teknik Mesin menjelaskan tentang perkembangan “Next Generation Fuel and Smart Power Train”, merupakan project besar kelompok riset yang sedang dikembangkan dan dilaksanakan oleh mahasiswa Indonesia di University of Ulsan, tutur LIM. Kemajuan riset dan  teknologi tersebut merupakan proyek kerja sama Industri, yang dalam hal ini mendorong peran akademisi untuk terus berkarya dalam meningkatkan kualitas proyek strategis nasional di Korea.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan laboratorium terpadu di School of Mechanical Engineering. Rencana tindak lanjut kerja sama akademik yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah visiting professor, international conference, dan penerimaan mahasiswa UNY dalam bentuk internship, serta studi lanjut dalam berbagai departemen yang ada di University of Ulsan, Korea. “Kami berharap, University of Ulsan menjadi mitra strategis UNY untuk meningkatkan mutu akademik dalam berbagai bidang” kata Siswantoyo. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam Sustainable Development Goals pada bidang pendidikan, kemitraan dan kelembagaan. 

Penulis: Faqih Ma’arif

Editor : Dedy

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia