UNY Menuju Perguruan Tinggi Berbadan Hukum yang Go Internasional

1
min read
A- A+
read

Sosialisasi PTN BH

Universitas Negeri Yogyakarta melalui Kantor Internasional mengadakan acara Sosialisasi Internasionalisasi PTNBH yang dilaksanakan di Hotel UNY belum lama ini. Diikuti oleh para pimpinan Universitas dan Fakultas, yaitu Rektor, Wakil Rektor, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Dekan Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha, Tim WCU UNY, juga Tim UUIK tiap Fakultas. 

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta memberikan arahan untuk pimpinan Universitas maupun Fakultas untuk menjadikan kegiatan ini sebagai tindak lanjut untuk mengoptimalkan sumber daya manusia UNY. Benchmarking juga perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui seberapa jauh UNY dan universitas lain saling update informasi, pengetahuan dan milestone yang telah dicapai. 

Menjadi pembicara, adalah Dr. Melania Suweni Muntini, M.T. dari Institut Teknologi Surabaya (ITS). Beliau memberikan ilmu terkait dengan Internasionalisasi saat PTNBH sudah mulai disematkan di ITS. Dalam paparannya, Dr. Melania menjelaskan tentang perangkingan yang wajib diikuti setiap Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, diantaranya dari sisi website, news, kehumasan, penelitian, riset, kolaborasi dalam pergaulan berwawaskan internasional. Strategi pimpinan PTNBH dengan struktur terbaru harus saling mendukung, diantaranya bidang akademik,  yang harus terus menyesuaikan dengan perkembangan universitas lain dengan reputasi internasional, PPM yang terupdate dengan berbagai riset internasional, website dan pemberitaan pun harus selaras dengan pergaulan internasional. Ibu Melania juga memberikan tips-tips dalam beberapa perangkingan dunia termasuk QS University Rangking, Webometric, THE World University Rangking, UI Green Metric, Green Metric, dan CWUR. Dari kegiatan-kegiatan perangkingan diatas, peran serta Dosen, peneliti, staff pendukung, dan mahasiswa saling berkaitan untuk mewujudkan kesuksesan program internasionalisasi, pungkasnya.

Seiring kemajuan Perguruan Tinggi di Indonesia, UNY akan terus meningkatkan kualitas baik dalam hal pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan juga pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan Dosen akan terus meningkatkan mutu pendidikan, staff meningkatkan kinerja dan memberikan dukungan terbaik bagi dosen dan mahasiswa, dan mahasiswa bisa memberikan prestasi bagi universitas baik didalam maupun di luar negeri. 

Penulis : Putriana D.

Editor : Dedy

 

 

IKU 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus