UNY Menembus The Best Ten Peringkat Unirank

1
min read
A- A+
read

UNY dari depan

Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih posisi the best ten dalam kategori universitas terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan perguruan tinggi tingkat internasiaonal University Ranking (UniRank) dalam rilisnya baru-baru ini. UNY berhasil meraih posisi 6 dari 576 universitas di Indonesia dan peringkat 65 tingkat Asia. Peringkat universitas versi Unirank, yang dulu bernama 4ICU, ini merupakan cerminan popularitas dari sebuah universitas berdasarkan keterkenalan dari website yang dimiliki. Popularitas online dari sebuah universitas yang dilihat dari popularitas web-nya menjadi sebuah hal yang makin dibutuhkan pada masa kini ketika internet menjadi salah satu sumber informasi utama masyarakat.  

Untuk menaikkan peringkat tersebut, UNY telah melakukan sejumlah pembenahan di antaranya adanya backlink yaitu seberapa banyak rujukan dari web lain ke UNY serta meningkatkan penelitian dosen yang mengutip dari sumber internal lewat website. Potensi meningkatkan jumlah pembaca juga ada pada calon mahasiswa baru dengan langkah mempromosikan UNY pada awal tahun. Website UNY juga cukup informatif dalam memberikan informasi pada masyarakat yang pada ujungnya menjadikan kepercayaan masyarakat terhadap UNY makin meningkat, bahkan UNY termasuk sebagai PTN berkategori informatif yang dibuktikan dengan penghargaan yang diberikan Komisi Informasi Pusat melalui Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin. Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Prof. Siswantoyo prestasi ini merupakan salah satu hasil dari proses bertransformasi dari semangat gumregah menyongsong perubahan pada paradigma gumregah mencipta perubahan menuju tenar lembagaku sejahtera wargaku. “Hal ini sesuai dengan jargon UNY yaitu unggul kreatif dan inovatif berkelanjutan” kata Siswantoyo.

Lembaga 4ICU adalah direktori pendidikan tinggi internasional berkedudukan di Australia yang mereview perguruan tinggi di dunia yang telah terakreditasi. Lembaga 4ICU ini melakukan pemeringkatan terhadap 10.200 peguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan lima parameter, yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majestic Seo Referring Domains, Majestic Seo Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow. Hal ini sesuai dengan upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan. (Dedy)