UNY Kembangkan Kapasitas Guru dan Pegawai PT Astra Agro Lestari Tbk

1
min read
A- A+
read

Pertemuan di Astra Agro Lestari

“Lulusan UNY yang menjadi guru di Yayasan Astra Agro Lestari, berhasil menjadi playmaker dalam pengembangan pendidikan” ungkap Joko Subagio,  Manager Social Engagement PT. Astra Agro Lestari, membuka acara Pembahasan Program Kerjasama Astra Agro Lestari dan UNY pada Rabu, 8 Maret 2023. Menurutnya lulusan UNY juga bisa memberikan pengaruh positif bagi guru-guru lain di  lingkungan sekitar, ini sebagai bentuk kepuasan kompetensi lulusan UNY, sebagai pengguna lulusan UNY.

Bertempat di Harris Hotel and Conventions, Jakarta Utara, PT Astra Agro Lestari secara khusus menyambut kedatangan tim dari UNY yang koordinir oleh Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan didampingi oleh Kristiyono, S.H, M.H (Sekretaris Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni); Supriyono, S.IP (Kasi Kesejahteraan mahasiswa); Dr. Cerika Rismayanthi, M.Or (Staf Ahli WR AK); Ir Yosep Efendi, M.Pd (Kepala Divisi PI dan Magang); Dani Hendra Kristiawan, S.Pd.T. dan Setyawan Rahadi, SE (Pusat Karir dan Alumni).  Sedangkan Dari PT Astra Agro Lestari, Joko Subagio didampingi oleh Doni Helmi (Manager HR), Fajar Santoso (Tim Social Engagement), Intan Nurcahayani (Tim Social Engagement), Budi Slamet Hariadi (Tim Social Engagement).

Sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit dan penghasil CPO terbesar di Indonesia di bawah naungan Astra International, PT Astra Agro Lestari  berkomitmen untuk terus mengembangkan sumber daya. Oleh sebab itu, Astra Agro Lestari berharap UNY dapat membantu pengembangan SDM Karyawan dan Guru sekolah yang dibina oleh Yayasan Astra Agro, yang jumlahnya  240 sekolah. “Sebagai Perguruan Tinggi yang fokus mengembangkan pendidikan, tentu UNY menyambut baik tawaran pengembangan SDM Guru dan Pegawai di lingkungan Astra Agro” sambut Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO, atas program kerjasama yang ditawarkan. “Kami sebagai LPTK memiliki pengalaman dan sumberdaya yang kompeten untuk berperan serta dalam pengembangan kapasitas guru. UNY juga siap mengirim mahasiswa Magang dan Praktik Kependidikan untuk turut serta mengembangkan sekolah yang dibina oleh Astra Argo Lestari. Selain itu, kami juga membuka diri bagi seluruh karyawan PT Astra Agro Lestari yang ingin melanjutkan studi S1, S2 dan S3 dengan berbagai skema yang tersedia” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Joko Subagio, menyampaikan berbagai program kerjasama yang berkaitan dengan 4 Pilar Corporate Social Responsibility (CSR) Astra Agro, yaitu Pilar Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan. Joko Subagio yang juga mewakili Divisi Sustainability PT Astra Agro Lestari, memastikan bahwa program-program sustainibility dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan norma dan aturan, yang berpedoman pada 3 prinsip yaitu  No Deforestation, pengelolaan lahan gambut serta penghormatan terhadap HAM. Atas dasar tersebut, maka perusahaan dan yayasan Astra Agro Lestari dapat terus berkembang, dan memberi kehidupan masyarakat dan lingkungan.

Pertemuan antara perwakilan UNY dan PT Astra Agro Lestari  ini membuka berbagai program kerjasama, antara lain (1) Program Magang Merdeka Mandiri mahasiswa UNY, (2) Program Praktik Kependidikan mahasiswa di sekolah binaan Yayasan Astra Agro Lestari, (3) Serapan Lulusan UNY untuk mengisi kebutuhan guru Yayasan Astra Agro Lestari,  (4) Program Pengembangan Kapasitas Guru sekolah binaan Yayasan Astra Agro Lestari, serta (5) Program Penelitian dan Pengabdian Dosen yang berkolaborasi dengan PT Astra Agro Lestari  dan Pemda setempat untuk peningkatan sumber daya dan potensi masyarakat sekitar. Ini tentu menjadi langkah yang sangat baik dalam upaya mewujudkan kolaborasi mutualisme secara berkesinambungan, sebagai perwujudan visi UNY yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan.

Penulis : Cerika R

Editor : Dedy

IKU 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia