UNY Gercep Terbang Ke Jepang Untuk Magang 1 Tahun di ISUZU Jepang

1
min read
A- A+
read

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) semakin menunjukkan keunggulannya, salah satunya dari program magang mahasiswa. Jumat (13/1), Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY, pimpinan Fakultas Teknik, Fakultas Vokasi dan jajaran pengurus Departemen Pendidikan Teknik Mesin melaksanakan seremoni Pelepasan 17 Mahasiswa yang akan berangkat magang di Isuzu Motor, Ltd. di Tochigi Factory, Jepang.  “Total ada 17 mahasiswa yang akan magang di Isuzu Jepang, dengan rincian 11 mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin, 1 mahasiswa Teknik Manufaktur dan 5 mahasiswa Teknik Mesin Sarjana Terapan” buka Dr. Apri Nuryanto, S.Pd. ST., M.T. selaku Ketua Departemen Pendidikan Teknik Mesin, dalam acara pelepasan tersebut. “Mereka sudah  melalui tahap seleksi secara langsung dari pihak perusahaan Jepang. Mereka juga telah mendapatkan pelatihan Bahasa dan budaya Jepang, yang memang sangat dibutuhkan untuk bekerja di Jepang” imbuhnya.

Sejak tahun 2017, Fakultas Teknik rutin mengirim mahasiswa untuk program internship atau magang di Jepang, yang diawali dari prodi Tata Boga, kemudian berkembang ke jurusan/departemen lain seperti Pendidikan Teknik Mesin dan Otomotif. “Ini merupakan komitmen kita untuk terus mengembangkan kerjasama industri dengan berbagai prodi di lingkungan UNY”, ungkap Dr. Darmono, MT. selaku Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha FT UNY. “Fakultas dan prodi akan terus meningkatkan kerjasama dengan mitra, dalam upaya untuk menguatkan relevansi kompetensi lulusan dengan kebutuhan dunia kerja” imbuh Wakil Dekan FT yang mememang salah satu fokusnya di bidang kerjasama.

Berbagai kegiatan belajar mahasiswa yang diaksanakan di luar kampus, dalam hal ini di industri mitra, akan mendapatkan pengakuan SKS melalui Program Konversi SKS. Terlebih, beberapa tahun ini UNY telah mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka. “Kami akan upayakan selama 1 tahun ini nanti akan diakui setera 40 sks dengan matakuliah yang relevan, sebagaimana program MBKM. Mohon pimpinan Fakultas Teknik dan Vokasi memfasilitasi konversi di prodi. Kami juga akan koordinasikan dengan tim dan unit terkait, seperti Unit Layanan KKN/PK/PKL untuk memfasilitasi konversi matakuliah lapangan yang relevan.” komitmen Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO,., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY. Upaya konversi kegiatan mahasiswa di luar kampus ini merupakan kewajiban bagi universitas dalam melayani mahasiswa yang memiliki peluang dan potensi untuk belajar dan mengembangkan kompetensi di luar kampus. “kami akan mengawal re-design kurikulum untuk lebih mendekatkan ke kebutuhan dunia kerja” imbuhnya.

“Yakin dengan nama UNY yang kalian bawa, tunjukkan nilai-nilai positif yang ditanamkan UNY selama menjadi mahasiswa; ciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk diri, keluarga dan Lembaga; ciptakan momentum-momentum yang bisa memotivasi adik2 tingkat, mahasiswa lain, bahkan dari fakultas lain agar bisa mengikuti program magang internasional lainnya” pesan penutup dari Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO untuk para mahasiswa.

Mr. Yasuyuki Itou, perwakilan dari perusahaan Jepang, yang turut hadir secara langsung di FT UNY, menyampaikan beberapa hal untuk pimpinan UNY dan para mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang. Dalam Bahasa Jepang, intinya Beliau menyampaikan terimakasih kepada UNY yang telah bersedia mendukung dan membantu perusahaan dalam mencukupi kebutudah sumber daya manusia di Isuzu. Selain itu, Beliau juga berpesan kepada mahasiswa agar mempersiapkan segala kebutuhan mahasiswa sebelum berangkat, seperti kebutuhan-kebutuhan pribadi hingga penguatan keterampilan Bahasa Jepang.

Penulis: Yosep Efendi
Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus