SOSIALISASI PMB DI GUNUNGKIDUL

1
min read
A- A+
read

UNY menyelenggarakan sosialisasi SNMPTN, UTBK dan SBMPTN di SMAN 1 Wonosari pada Rabu (26/2). Hadir sebagai narasumber Rektor UNY Sutrisna Wibawa, Wakil Rektor Bidang Akademik Margana dan Ketua Kantor Layanan Admisi Setya Raharja. Kegiatan dibuka oleh Kasi Layanan Pendidikan Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Gunungkidul Indah Parmanawati yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kelak dalam dunia kerja standar pendidikannya minimal sarjana. “Saya berharap agar lulusan SMA/SMK dan MA di Gunungkidul dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi” kata Indah Parmanawati. Menurutnya kelulusan jenjang SMA di Gunungkidul ada 1.079 orang, sedang untuk SMK memiliki 6.268 lulusan dari berbagai program studi. Indah berkeinginan agar para siswa yang hadir selain mempersiapkan diri untuk ujian nasional juga mempersiapkan diri menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi.

Menurut Rektor UNY Sutrisna Wibawa, KIP Kuliah akan disusulkan mulai tanggal 2 hingga 31 Maret dan para siswa yang mendaftar SNMPTN tetap harus finalisasi pada tanggal 27 Februari. “Pendaftaran KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id” kata Sutrisna Wibawa. Rektor mengingatkan agar jangan mendaftar pada hari-hari akhir pendaftaran karena dikuatirkan terjadi crowded. Juga diingatkan agar para siswa menyeimbangkan minat dengan bakat, serta melihat hasil nilai UTBK, sehingga dengan begitu siswa akan lebih cermat dalam menentukan pilihan prodi pada perguruan tinggi yang dituju.

Margana memaparkan bahwa ada tiga skema dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri. “Jika ditinjau dari segi pendidikan, ada tiga jenis yaitu pendidikan vokasi, pendidikan akademik dan pendidikan profesi” kata Margana. Untuk pendidikan vokasi UNY memiliki dua lokasi yaitu di Kulonprogo dan Gunungkidul. Pendidikan akademik S1 memiliki 60 prodi yang terdiri dari soshum dan saintek. Margana mengatakan pada peserta agar tidak perlu menguatirkan masalah biaya karena yang penting adalah cerdas dan berhati-hati dalam memilih program studi, karena tahun ini ada 400.000 beasiswa melalui KIPK yang dapat digunakan untuk mendaftar pada semua jalur termasuk seleksi mandiri. Sedangkan Setya Raharja memberikan pencerahan tentang jurusan dan fakultas yang ada di UNY.

Kegiatan ini mengundang guru BK dan 2 orang siswa dari SMA/SMK dan MA se-kabupaten Gunungkidul. (Dedy)