Soft Skils: UNY Berkomitmen Mewujudkan Insan Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan

1
min read
A- A+
read

“Selamat datang dan syukurilah apa yang panjenengan dapatkan, karena bisa bergabung di UNY yang sudah ber-Badan Hukum sejak 20 Oktober 2022 berdasarkan PP No. 35 Tahun 2022. Silakana bergabung, adik-adik harus sudah dapat menyesuaikan diri, adaptasi, karena dari lingkungan sekolah menengah ke jenjang lingkungan perguruan tinggi. UNY berkomitmen untuk mewujudkan insan yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan. Meraih insan yang sejahtera yang didahului jaya lembaganya,” demikian disampaikan Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. saat membuka Pelatihan Soft Skills di Auditorium UNY, Senin (24/7).

Lebih lanjut Rektor menyampaikan ucapan terima kasih dan bersyukur atas diterimanya di UNY melalui jalur Seleksi Mandiri, mengingat berdasarkan jumlah peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri terutama jalur CBT Domisili tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2023 mengalami kenaikan sekitar 100%.

“Terima kasih dan bersyukur perlu saya sampaikan kepada kalian, karena Seleksi Mandiri, SM CBT Domisili tahun 2022 kemarin berjumlah 7981 pendaftar, tetapi tahun ini, setelah UNY menjadi PTN BH jumlah pendaftar SM CBT Domisili mencapai 14380 pendaftar. Padahal hanya menyisakan kursi yang terbatas atau sedikit. Ini hanya yang berasal dari SM CBT Domisili yang sekarang sedang berlangsung,” kata Prof. Sumaryanto.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Kepala Subdit Kemahasiswaan dan Prestasi Direktorat Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni UNY, Yulianto Subagyo, S.T. bahwa pelatihan soft skills saat ini diikuti oleh kelompok 5  dari mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Tahun Akademik 2023/2024. Jumlah peserta 926 mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik (FISHIPOL), dan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK).

Yulianto Subagyo juga menyampaikan mahasiswa peserta soft skills mendapatkan berbagai materi, diantaranya Transformasi Kehidupan Kampus dan Kebijakan UNY menuju Unggul, Kreatif, dan Inovatif oleh Rektor UNY (Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO), Growth Mindset dan Pengembangan Karir di Era Abad 21 oleh Ketua MWA (Prof. Suyanto, Ph.D.), Pembinaan Prestasi Mahasiswa Bidang Penalaran oleh WR Bidang AK (Prof. Dr. Siswantoyo), Pembinaan Prestasi Mahasiswa Bidang Seni oleh GB FBSB (Prof. Dr. Suminto A. Sayuti), Pembinaan Prestasi Mahasiswa Bidang Olahraga oleh SA Bidang Olahraga (Dr. Ridho Gata Wijaya, M.Or.), dan Pembinaan Prestasi Mahasiswa Bidang Kesejahteraan dan Minat Khusus oleh WR B USD (Prof. Dr. Edi Purwanto, M.Pd.).

Prof. Suyanto, Ph.D. memberikan pemahaman dan pancingan motivasi kepada beserta pelatihan agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan pola pikir dalam menghadapi tuntutan perkembangan jaman di era milenia atau revolusi industri 4.0 dengan memberikan bekal pengetahuan tentang Growth Mindset. Guna kesuksesan di masa depan, mahasiswa perlu mendapatkan bekal tentang rencana karier dan strategi mencapai karier yang diinginkan. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki dalam pengembangan karier yang sesuai dengan tantangan yang dihadapi pada Abad 21 diantaranya communication skills, team work and collaboration, adaptability, problem solving, critical observation, dan conflict resolution.

Menurut Ketua MWA UNY, mahasiswa cenderung mempunyai ide yang kreatif dan membangun. Namun kelemahan yang sering dihadapi adalah pada penyampaian ide dan gagasan tersebut. Kemampuan bekerja sama dalam tim, kemampuan memecahkan masalah, dan penyelesaian konflik merupakan beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa dalam memasuki dunia kerja. Ketika mahasiswa memasuki lingkungan baru, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan kerja, kemampuan adaptasi dan kemampuan melakukan observasi secara kritis sangat diperlukan sehingga potensi diri yang dimiliki dapat berkembang secara maksimal. 

Penulis: Sudaryono
Editor: Prasetyo Noviriyanto

IKU