Sharing Session Tim KKN UNY terkait Pengembangan Potensi Desa Wisata Religi Kuwarisan

1
min read
A- A+
read

Dalam mensosialisasikan sistem pengelolaan situs religi yang berada di Desa Kuwarisan, Tim KKN UNY Desa Kuwarisan mengadakan kegiatan Sharing Session POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) pada Jumat, (30/09/2022) bertempat di situs Makam Eyang Aroengbinang, Dusun Kebejen, Desa Kuwarisan, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen.

Dengan mengusung jargon ‘Bangkitkan Jiwa Religi dengan Bersinergi Bersama POKDARWIS’, program kerja yang dilaksanakan oleh Tim KKN UNY Kuwarisan mendapat sambutan yang baik dari pihak pemerintah desa dan masyarakat. Acara tersebut berlangsung pada pukul 09.00 WIB sampai 11.30 WIB dengan penuh antusias dan respon hangat dari peserta yang berjumlah 20 orang.

Acara ini didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen dengan menghadirkan Kepala Bagian Pemasaran Bapak Gunarso, S.Sos., M.M. sebagai narasumber. Selain itu, acara ini juga diisi oleh CEO Destinasi Wirawisata Goa Pindul Bapak Dr. Yudan Hermawan, S.Pd., M.Pd. yang sekaligus merupakan Dosen Pembimbing Lapangan dari Tim KKN UNY Kuwarisan (K2022-26033).

Acara diawali dengan pemaparan desain sendang oleh Sifa Nasira dari Pendidikan Teknik Elektro UNY, pemaparan materi berupa kiat sukses Wisata Goa Pindul oleh Bapak Yudan, dan pemberdayaan masyarakat dalam POKDARWIS oleh Bapak Gunarso.

Salah satu faktor pendukung diadakannya kegiatan ini adalah adanya situs religi berupa Makam Eyang Aroengbinang yang merupakan makam dari pendiri sekaligus Bupati Pertama Kabupaten Kebumen. Makam ini termasuk rutin dikunjungi oleh para peziarah baik itu dari trah keluarga, warga lokal, dan bahkan pejabat pemerintah. Selain itu, ada pula sumber mata air melegenda di Kebumen bernama Sendang Arum yang dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu membuat awet muda.

Adapun target dari kegiatan sharing session ini adalah karang taruna, perangkat desa, dan tetua desa yang nantinya akan melanjutkan proses panjang dari pembentukan POKDARWIS. Berbekal dari materi yang disampaikan oleh kedua narasumber, diharapkan adanya kegiatan serupa di masa yang akan datang dengan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata Desa Kuwarisan.

“Kami berharap dengan adanya diskusi antara pihak desa, Dinas Pariwisata, dan juga pelaku wisata berpengalaman, bisa memunculkan tambahan referensi, ide, petunjuk dan kiat-kiat sukses terkait pengembangan wisata religi di desa Kuwarisan, sehingga potensi Makam Aroengbinang sebagai salah satu tempat yang terkenal di Kabupaten Kebumen bisa lebih bermanfaat bagi perputaran ekonomi,” ucap Ketua KKN UNY Desa Kuwarisan Muhammad Ryan Adi Wicaksono.

Hal ini dikuatkan dengan pendapat Purwanto, A.Md. selaku Kepala Desa Kuwarisan pada acara tersebut “ potensi ini sangat luar biasa sangat banyak kalau kita betul-betul mau menggali kaitannya dengan wisata”.

Acara ini diinisiasi oleh TIM KKN UNY yang beranggotakan Ananda Tacla Insani dari Prodi PBSI, Sifa Nasira prodi Pendidikan Teknik Elektro, Aufa Lathifah Maghfuri prodi Ilmu Sejarah, Hanifah Hana Kurniawati prodi PGSD, Nurul Pangesti prodi Sastra Inggris, M Ryan Adi Wicaksono prodi Pendidikan Ekonomi, Dodi Kurniawan prodi PGSD, Ananda Rezza Fahrevi prodi Ilmu Komunikasi, dan Anggita Oktaviana prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Kegiatan sharing session kemudian diakhiri dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada Kepala Desa dan kedua narasumber dilanjutkan dengan foto bersama di depan situs Makam Eyang Aroengbinang.

Penulis: Nurul Pangesti
Editor: Prasetyo