PUTRI KOKI WARUNG MAKAN ITU WISUDAWAN TERBAIK

1
min read
A- A+
read

PUTRI KOKI WARUNG MAKAN ITU WISUDAWAN TERBAIK

Seorang gadis tersenyum sambil menunggu pelanggan warung penyetan di Wedi Klaten. Keramahannya membuat pelanggan warung tersebut tidak sedikit. Tangannya lincah mencatat pesanan konsumen, menyajikannya dan sekaligus menjadi kasir pembayaran. Namun dia bukan wanita biasa karena merupakan lulusan terbaik wisuda UNY periode November 2021 jenjang D3 dengan indeks prestasi 3,83 berpredikat cumlaude.

Putri Reza Damayanti bekerja paruh waktu pada warung penyetan tersebut sebagai balas budi pada pemilik warung yang telah bersedia membayar biaya kuliah dan biaya hidupnya selama ini. Gadis kelahiran Klaten 4 Mei 1999 tersebut sejak usia pra sekolah dasar telah diasuh oleh tantenya karena orang tuanya, pasangan Agus Sumarjo (alm) dan Sartini merupakan keluarga kurang mampu. Sartini bekerja sebagai tukang masak di warung penyetan yang sama dengan tempat Putri bekerja. Di tempat ini putri keempat Sartini tersebut bekerja hanya pada saat weekend karena kuliah di Wates, berjarak sekitar 60 km dari Wedi Klaten.

Selama kuliah Putri juga aktif di organisasi mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Koperasi Mahasiswa (Kopma) UNY. Menurutnya selama kuliah tidak mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang diajarkan karena selalu fokus pada yang disampaikan. “Semua saya jalani satu per satu tidak ada yang digabung antara mengurus organisasi dan kuliah” katanya. Apabila sedang berorganisasi maka fokus pada yang dibahas sedangkan saat kuliah fokus pada yang disampaikan dosen. Dengan demikian dapat dicapai indeks prestasi yang baik.  

Alumni SMAN 2 Klaten tersebut lulus pada tahun 2017 namun baru diterima di UNY pada tahun 2018. Jeda waktu satu tahun dimanfaatkannya untuk bekerja di salah satu toko kelontong di Klaten. Beruntunglah pada tahun ketiga kuliah dia mendapatkan beasiswa Bidikmisi sehingga masalah finansial bisa sedikit teratasi. Warga Jiwo Kulon, Trotok, Wedi, Klaten tersebut diterima di program studi Diploma 3 Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi melalui jalur seleksi mandiri. Orang tua dan tantenya mendukung keinginan Putri untuk kuliah. Sebagai balas budi Putri juga bersedia membantu pekerjaan kerumahtanggaan di rumah tantenya seperti menyapu atau mengepel lantai. Perjuangannya tidak sia-sia, ia berhasil menjadi lulusan terbaik program diploma dalam wisuda yang dilaksanakan akhir November ini. Putri juga berharap dapat melanjutkan ke jenjang S1 dengan program studi yang sama. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu, mengurangi kemiskinan dan kesetaraan gender. (Dedy)